Dari Petik Laut Nelayan Brondong 2023 Mengintip Kolam Tambat Labuh dan Waduk Podang

 Lamongan, wartamerdeka.info, - Bermula dari kegiatan Petik Laut Nelayan Brondong Lamongan tahun 2023, warga Pantura Lamongan terus menaruh harapan dan mendorong semua pihak, terutama instansi terkait agar tetap menempatkan sejumlah usulan warga nelayan dan warga masyarakat Pantura sebagai prioritas untuk di direalisasi. 

Ketika Menko PMK Muhadjir Efendi dan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi hadir ditengah tengah kegiatan puncak Petik Laut di Brondong, saat sesi dialog, beberapa wakil nelayan setempat menyampaikan banyak usulan, diantaranya revitalisasi Kali Asinan, Pengerukan Kolam Tambat Labuh dan Pembuatan Waduk di desa Podang Tlogoretno Brondong. 

"Alhamdulillah usulan rekan rekan nelayan kelihatannya mulai ada titik terang, khususnya pengerukan kolam tambat Labuh dan pembuatan waduk," ungkap ketua RN Brondong, Mugiyanto.

Menurut dia, perhatian pemerintah, baik pemkab Lamongan maupun pemerintah Pusat melalui Menko PMK ternyata tidak asbun alias asal bunyi.

"Ya, Pak Menko benar benar menaruh perhatian besar kepada warga masyarakat, baik nelayan maupun petani," imbuh Mugi.
Kedepan, Mugiyanto berharap pemerintah baik pemkab Lamongan maupun pemerintah pusat terus menjadikan sejumlah usulan nelayan sebagai prioritas. 

"Karena saya sebagai ketua RN ya fokus utama pada upaya pengawalan usulan usulan kami," pungkas Mugi.

Terpisah, Kepala dinas Perikanan Lamongan, Yuli Wahyuono membenarkan jika Kolam Tambat Labuh dan Waduk di desa Podang tahun ini bisa direalisasikan.

"Insya'allah tahun ini, sudah dirapatkan terbatas secara daring dengan Pak Menko PMK, dan beberapa menteri terkait,  Dinas KKP Provinsi dan Pak Bupati Lamongan, beberapa  waktu lalu," kata Kadis Perikanan Lamongan.
Senada, Kadis SDA Lamongan Gunadi juga menyampaikan jika usulan Waduk di desa Podang sudah masuk menjadi kegiatan prioritas tahun ini.

"Untuk Waduk Podang masih diusulkan mas, dan usulanya langsung dibawa oleh Pak Menko Muhajir," ujar Gunadi.
Sementara, informasi yang diperoleh media ini, menyebut jika Kemenko PMK akan terus mengawal sejumlah usulan warga masyarakat Pantura Lamongan, selain Kolam Tambat Labuh, Waduk Podang juga sejumlah usulan program lainnya.

"InshaAllah Pak Menko PMK akan memprioritaskan berbagai usulan warga nelayan Lamongan, termasuk usulan lainnya yang kini masih proses akan menjadi fokus perhatian," jelas salah satu sumber dari Kantor Menko PMK. (W. Masykar)

1 Komentar

  1. Padahal sedimentasi di hilir sungai itu kan pasti terjadi ya? Mungkin perlu ada upaya pembasahan biar proyek revitalisasi lancar, korea2 jadi senang­čśů

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama