Bupati Barru Sebut Warisan Budaya 'Mappadendang' Harus Dilestarikan

 Barry, wartamerdeka.info, - Tradisi Mappadendang atau Pesta Panen,  selain merupakan wujud ungkapan syukur masyarakat setempat atas hasil panen yang melimpah,  kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun ini merupakan bagian dari pelestarian Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang kaya akan tradisi dan keindahan.

Kegiatan Mappadendang dihadiri Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh bersama sejumlah pejabat, tokoh adat, serta tokoh masyarakat  yang diselenggarakan di Desa Manuba Kecamatan Mallusetasi, Senin malam (15/4/2024).

Menurut Bupati, tradisi Mappadendang memiliki potensi untuk diakui sebagai bagian penting dari kesenian dan budaya Barru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga tradisi Mappadendang  segera dilaporkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar dapat diakui secara resmi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan budaya Barru. 

Masyarakat setempat pun antusias menyambut kabar gembira rencana pengajuan warisan budaya tersebut ke Kementerian, karena hal ini tidak hanya akan meningkatkan eksposur kesenian Mappadendang secara nasional, tetapi juga dapat memberikan dampak positif dalam upaya pelestarian budaya lokal. (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama