Anggaran Pengawasan Pilkada Lampung Utara 2024 Terancam Di "Pangkas"

 Lampung Utara, wartamerdeka.info, - Badan Pengawas Pemilihan Umum Lampung Utara mendorong pemerintah daerah agar tidak memotong anggaran pengawasan yang diperuntukkan pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang.

Jumlah anggaran yang dialokasikan untuk Bawaslu Lampung Utara sebesar Rp 26 miliar yang nantinya akan digunakan untuk pengawasan oleh jajaran Bawaslu setempat.

Ketua Bawaslu Lampung Utara, Putri Intan Sari khawatir pelaksanaan Pilkada mendatang tidak berjalan maksimal jika anggarannya dilakukan pemangkasan.

”Bawaslu mendorong agar pemkab Lampung Utara tidak memangkas anggaran kami, khawatir akan mengganggu jalannya pilkada dalam hal pengawasan,” kata ketua Bawaslu Lampura, Putri Intan Sari. Jum'at (31/5/2024).

Sementara itu Komisioner Bawaslu Lampung Utara, Dedi Suardi menegaskan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang pihaknya berkomitmen untuk menciptakan Pilkada yang demokratis dan berkualitas.

Terlebih diperiode saat ini, Bawaslu tidak pernah mengajukan permohonan penambahan anggaran pengawasan kepada pemerintah daerah.

”Kalau anggaran dipangkas, kami pastikan pengawasan pelaksanaan Pilkada tidak akan berjalan maksimal,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Kesbangpol kabupaten Lampung Utara, Mat Soleh saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengaku bahwa pemangkasan itu baru sebatas rencana.

”Untuk rasionalisasi final anggaran Bawaslu nanti kalau sudah ada kesepakan dengan Bawaslu,” ujar Mat Soleh
Saat ditanya alasan yang mendasari pemangkasan anggaran Bawaslu, Mat Soleh belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.
” Nanti aja kalau sudah final,” tukasnya. (yoke)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama