Pesta Rakyat Mappadendang, Bupati Barru Sebut, "Tradisi kearifan lokal yang patut dilestarikan"

 Barru, wartamerdeka.info, - Pesta Rakyat Mappadendang kembali digelar masyarakat Dusun Lapao Desa Binuang  di Rumah Adat Sao Soro Kannae,  Dusun Lapao Desa Binuang Kecamatan Balusu, Sabtu Malam (11/5/2024).

Acara adat ini merupakan agenda tahunan masyarakat Dusun Lapao dan Desa Binuang sebagai wujud syukur atas limpahan hasil panen. Bupati H. Suardi Saleh hadir bersama Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Barru drg. Hj.  Ulfah Nurul Huda Suardi, MARS. 

Menurut Bupati kegiatan Mappadendang atau juga disebut pesta panen ini mempunyai sedikitnya 3 dimensi.

Pertama adalah dimensi silaturahim. Melalui kegiatan ini kita berkumpul dan terlaksananya atas gotong royong  masyarakat. Apalagi gotong royong saat ini sudah mulai tergerus sehingga ini adalah upaya yang harus dipertahankan, apalagi malam ini dilanjutkan silaturahmi setelah kita baru saja melaksanakan idul fitri dan puasa satu bulan penuh.

Dimensi kedua sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT, atas hasil panen kita yang mengalami peningkatan dimana secara khusus produktifitas di desa Binuang lebih bagus dari tahun kemarin. 

Sedangkan dimensi ketiga urai Bupati,  adalah pelestarian budaya. Jika kegiatan ini tidak dilaksanakan saya khawatir suatu saat anak-anak kita tidak akan mengetahui lagi tradisi Mappadendang. Acara ini katanya syarat akan makna dalam melestarikan nilai-nilai budaya kearifan lokal yang ada di wilayah kita.

"Kami yakin lembaga adat ini punya kekayaan budaya dan adat tradisi lokal yang punya ciri khas tersendiri yang perlu dipertahankan, seperti Massure", tutur Suardi. 

Dihadapan para pemangku adat dan masyarakat Lapao, Bupati mengapresiasi upaya yang selama ini dilakukan masyarakat untuk mempertahankan swasembada pangan didaerah ini sehingga mendapatkan penghargaan. 

Dan ini, Presiden pun mengakuinya karena Kelompok Tani (KT ) Mattaropura Desa Binuang mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia pada kegiatan Penas dan sebelumnya dipanggil ke Istana Negara karena prestasi di bidang pertanian.

Dia berharap penghargaan ini menjadi tantangan agar KT Mattaropura dapat terus berprestasi di bidang pertanian, mengoptimalkan luas tambah tanam dengan lahan yang ada agar  bisa ditanami beberapa kali dari Ip 100, IP 200, IP 300 dan IP 400.

"Atas nama Pemerintah kabupaten Barru mengapresiasi kegiatan ini yang senantiasa bergotong royong melaksanakan kegiatan yang sangat positif dalam mempertahankan budaya di kabupaten Barru", pungkas Suardi Saleh. 

Hadir juga Asisten 1 Setda Barru, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis PMDPPKBPPPA, Kepala Bapenda, Camat Balusu, Kapolsek Balusu, Danpos Koramil Balusu, Plt.Kades Binuang, Mantan Anggota DPRD Kab.Barru Andi Darwana, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat,  Masyarakat Dusun Lapao Desa Binuang.(syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama