PT PLN MCTN Gelar Aksi Program Peduli Lingkungan



JAKARTA (wartamerdeka.info) – Menyambut Hari Lingkungan Hidup Internasional yang diperingati setiap 5 Juni, PT PLN MCTN (Mandau Cipta Tenaga Nusantara) menggelar aksi bersih lingkungan dan olah sampah menjadi barang bernilai guna.

Kegiatan yang menjadi bagian dari program penting ini dibuka di Taman Maju Bersama (TMB), Jalan Perumahan Taman Mutiara Prima RT 001 RW 03 Kel/Kec Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (5/62024).

Direktur Utama PLN MCTN mengatakan, tugas PLN bukan hanya memberikan pasokan listrik yang andal dan berkualitas ke masyarakat, tetapi juga memastikan ikut serta melestarikan alam. 

Aksi nyata yang dilakukan PLN ini, untuk mengurangi timbunan sampah yang dapat menurunkan kualitas kehidupan masyarakat. Ini tentunya selaras dengan capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12, yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Adapun susunan acara kerja bakti dalam rangka hari lingkungan hidup Internasional 2024, atas kerjasama antara Kecamatan Kebon Jeruk dan PT PLN MCTN adalah sebagai berikut

1. Apel Pagi

2. Kerja Bakti Massal

3. Pemilahan sampah dan penimbangan hasil sampah

4. Edukasi Pengolahan Sampah

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain

1. Dirut PT PLN MCTN beserta direksi dan karyawan

2. Sekcam Kebon Jeruk

3. Lurah Kebon jeruk beserta jajaran

4. Para lurah se kecamatan kebon jeruk

5. Kasatpel lingkungan hidup kecamatan kebon jeruk

6. Kasatpel sumver daya air kecamatan kebon jeruk

7. Kasatpel Pertamanan dan Hutan kecamatan kebon jeruk

8. Kasatpel bina marga kecamatan kebon jeruk

9. Kasatpol PP kelurahan kebon jeruk

10. Ketua TP PKK kelurahan kebon jeruk

11. Para ketua RW, LMK Kebon jeruk

12. Para ketua RT Di kebon jeruk

13. Para Ketus BPS kelurahan kebon jeruk

14. DAWIS RW 03 dan 05

15. Pengelola RPTRA Jeruk Manis kelurahan kebon jeruk

16. PPSU kelurahan kebon jeruk

Lurah Kebon Jeruk, Achmad Mawardi, mengapresiasi langkah PLN ikut berkontribusi nyata kepada lingkungan melalui aksi bersih lingkungan dan olah sampah serentak.

Achmad Mawardi menilai pentingnya keterlibatan semua pihak dalam pelestarian lingkungan sebagai upaya penyelesaian krisis iklim yang menjadi tantangan saat ini.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada PLN, yang merupakan aksi nyata bagi lingkungan maupun masyarakat. Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan berkeadilan adalah tema yang ditetapkan oleh Menteri LHK. Karena memang ke depan krisis iklim ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap cuaca," ujar Sekcam kebon jeruk yang turut hadir di acara tersebut. 

Atas aksi bersih lingkungan kecamatan kebon jeruk, khususnya kelurahan kebon jeruk, tidak hanya berdampak pada pelestarian lingkungan tetapi juga sangat membantu pemerintah setempat dalam upaya mengurangi sampah di wilayahnya.

"Terima kasih juga kepada PLN Group yang selama ini sudah sangat membantu kami di Kecamatan Kebon Jeruk dalam pelestarian lingkungan hidup, Sudah sangat sering sekali kita berkolaborasi dengan PLN terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup baik itu untuk pengurangan sampah dan sebagainya," ujar Lurah Kebon Jeruk. 

Green Employee Involvement ini adalah wadah yang di inisiasi untuk meningkatkan jiwa kepedulian pegawai PLN agar terlibat secara aktif sebagai relawan dalam program peduli lingkungan, kami menargetkan mengumpulkan sampah, lalu kami pilah dan dari situ sampah tersebut bakal diolah menjadi barang berdaya guna dengan kerja sama dengan kolaborator, hasil kegiatan Bersih bersih kali Sekretaris, kelurahan kebon jeruk ini Pemilahan dan Penimbangan antara lain, 

1. Sampah Organik = 12,5 kg

2. Sampah B 3 = 0,8 kg

3. Sampah Bodong kotor = 4kg

4. Sampah Boncos =3,9 kg

5. Sampah Gabruk = 1kg

6. Sampah Residu = 11,8 kg

7. Sampah Asoy = 0,3 kg

8. Sampah Kardus = 1,7 kg

9. Sampah Bodong Bersih = 7 kg

Melalui aksi ini bukan hanya teratasi dengan baik persoalan sampah tetapi menambah value sehingga masyarakat di sekitar kita pun turut merasakan dampak ekonomi sirkular. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama