Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Pemadam Kebakaran DKI Berjaya di Kompetisi Internasional



Penulis: Aris Kuncoro dan Badar Subur

JAKARTA-Ini kejutan membanggakan dari Korps Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta. Tanpa banyak gembar-gembor, pasukan berseragam biru yang menjadi andalan masyarakat ibukota dalam upaya mengatasi amukan ‘’si jago merah’’ ini ternyata mampu menembus prestasi di tingkat internasional. Dalam ajang kompetisi adu kekuatan dan ketrampilan petugas di bidang pemadaman kebakaran dan rescue se-ASEAN yang digelar di Singapura, pada tanggal 1 sampai 4 Agustus 2006, Tim Pemadam Kebakaran dari Provinsi DKI Jakarta berhasil memperoleh berbagai penghargaan.

Tidak tanggung-tanggung. Tim Pemadam Kebakaran yang mewakili Indonesia ini berhasil menyabet 13 trophy dari empat macam pertandingan, yaitu Unbreakble, Vertical Challenge, Route Traffic Acciden, dan Enduro. Sehingga dalam ajang bertajuk ‘’13th CD Skills Competition 2006’’ yang diselenggarkan oleh Singapore Civil Defence Force (SCDF) dan diikuti oleh Brunei Darussalam, Hongkong, Thailand, Macao, Malaysia, Filipina, Singapura dan Indonesia, ini Tim Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta meraih thropy terbanyak.

Ketua Tim Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dalam ajang kompetisi tersebut, yaitu Fredy Alling yang juga Kepala Suku Dinas (Kasudin) Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Selatan mengungkapkan hal ini di Jakarta, kemarin.

Menurut Fredy Alling, tim yang dipimpinnya terdiri dari 12 orang yang merupakan petugas-petugas pemadam kebakaran terbaik dari seluruh Sudin Dinas Kebakaran se DKI Jakarta. Dalam seleksi yang diselenggarakan di Jakarta, menjelang keberangkatan tim ke Singupura, mereka ini menyisihkan 3000 personel pemadam kebakaran lainnya di seluruh DKI Jakarta.

‘’Kompetisi yang berlangsung di Singapura itu memang dirasakan cukup berat oleh semua peserta, karena kekuatan dan juga daya tahan tubuh kita benar-benar diuji, berkaitan dengan upaya pemadaman kebakaran dan penyelamatan. Termasuk juga ujian ketrampilan dalam menggunakan peralatan dan perlengkapan rescue. Benar-benar berat. Tapi, syukur alhamdulillah, tim kita berhasil menunjukkan ketrampilan dan kekuatan fisik yang prima, sehingga berhasil menyabet 13 trophy,’’ujar Fredy Alling dengan nada bangga.

Semua trophy yang berhasil diraih itu berasal dari individual skills. Dan, yang juga cukup membanggakan, kata Fredy Alling lagi, dalam ajang kompetisi itu, para petugas pemadam kebakaran DKI Jakarta sering mendapat aplaus dari penonton. Bahkan salah seorang anggota tim, yakni Nyaman, yang berasal dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Timur berhasil meraih predikat sebagai petugas pemadam kebakan favorit pilihan penonton.

Nyaman pada saat lomba mampu berlari cepat kendati membawa beban peralatan berupa Dummy seberat 50 kg. Dia terlihat amat cekatan dan dengan penuh percaya diri berlari membawa peralatan yang cukup berat, sehingga berhasil mengungguli peserta lainnya. Tak mengherankan jika Senior Miniter of State for Law & Home Affairs Singapore, Prof. Hong Peng Kee, sampai memberikan pujian secara khusus kepada Nyaman atas prestasinya tersebut.

Prestasi yang diraih Tim Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta ini membuktikan, bahwa dari sisi ketrampilan (skills) dan bahkan juga kekuatan fisik, para petugas pemadam kebakaran di DKI Jakarta, secara umum cukup memadai, dan layak mendapat acungan jempol.


Keterangan Foto: Tim Pemadam Kebakaran DKI Jakarta berpose seusai meraih kemenangan di kompetisi petugas pemadaman kebakaran internasional di Singapura. Tampak pimpinan tim, Fredy Alling (berkacamata hitam-foto atas dan berbaju putih-foto bawah) di tengah-tengah anggota tim yang lain.