>>>

Dintanhut Rembang Pantau Kesehatan Hewan Kurban

REMBANG-Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Kabupaten Rembang menyiapkan 33 petugas yang akan memeriksa kesehatan hewan kurban. Mereka akan berkeliling di sejumlah pasar hewan, memeriksa kesehatan ternak sapi dan kambing bakal hewan kurban. Selain itu, Dintanhut juga akan memeriksa jumlah ternak sapi, kondisi kesehatan, serta surat dokumentasi asal hewan yang masuk ke Kabupaten Rembang di Terminal Pemeriksaan Sapi Kecamatan Sarang.


Kepala Distanhut Kabupaten Rembang, Sutomo melalui Kepala Bidang Peternakan Derevnety di ruang kerjanya pagi tadi menerangkan, pada waktu bertugas nanti petugas kesehatan didampingi dokter hewan saat memeriksa kesehatan hewan kurban di pasar hewan.

“Petugas kesehatan akan memeriksa kondisi kesehatan dan fisik hewan kurban sapi dan kambing yang dijual,” ungkapnya.

Menurut Derevnety, pemeriksaan kesehatan hewan tujuann utamanya untuk mengetahui dan mencegah peredaran hewan kurban bebas dari serangan anthrax.

“Setelah memastikan ternak sapi dan kambing yang diperiksa tidak bermasalah, dokter hewan dan petugas kesehatan akan menerbitkan surat keterangan sehat,” tuturnya.

Derevnety menambahkan, selain melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum Idul Adha, pada hari H petugas kesehatan juga meninjau lokasi penyembelihan hewan kurban, untuk memeriksa kondisi daging, apakah layak dikonsumsi atau tidak.

“Petugas akan memeriksa daging hewan kurban yang telah disembelih apakah mengandung cacing hati, karena jika terindikasi terkena penyakit tersebut maka daging dinyakan tidak layak makan,” imbuhnya. (hasan) 
Dintanhut Rembang Pantau Kesehatan Hewan Kurban Dintanhut Rembang Pantau Kesehatan Hewan Kurban Reviewed by wartamerdeka on October 30, 2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.