Headline

Presiden Jokowi Minta Perwira Remaja Lindungi Pancasila Dari Gempuran Ideologi Luar

Para perwira remaja TNI dan Polri meluapkan kegembiraannya usai dilantik Presiden Jokowi, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7...

KRI Banjarmasin 592 Dukung Joy Sailing


JAKARTA (wartamerdeka.info)  - Kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banjarmasin 592 mendukung Joy Sailing Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Padang dalam rangka memperingati HUT ke-56 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal), baru-baru ini.

Selama lebih kurang 4 jam, KRI Banjarmasin-592 bertolak dari Dermaga 2 Teluk Bayur Padang pukul 08.00 memgitari pulau-pulau di perairan teluk bayur dan kembali merapat di Dermaga 2 Teluk Bayur pukul 12.00. Seluruh elemen ikut dalam kegiatan pelayaran tersebut, mereka diperkenalkan dengan segala alutsista produksi dalam negeri ini.

Dengan harapan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda pada kemaritiman.
Dalam perjalanan tersebut, peserta joy sailing disuguhi pemandangan laut perairan Sumatera Barat yang indah. Setelah melakukan perjalanan sekitar 4 jam, KRI Banjarmasin kembali merapat di Pelabuhan Teluk Bayur kota Padang.

Namun sebelum merapat, para prajurit Marinir Yonmarhanlan II Padang unjuk kebolehan dalam melaksanakan VBSS (visit board search and seizure) menggunakan Speed boat mengintari KRI Banjarmasin seolah-olah sedang mengahadapi aksi pembajakan kapal.

Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Yulius Andreas Lorentius, M.Tr (Hanla) mengatakan bahwa kapal perangnya sedang melaksanakan operasi Rakata Jaya 2018 dan saat sandar di Lantamal II Padang menerima perintah untuk mendukung kegiatan Joy Sailing sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT Korps Wanita TNI AL 2019 sekaligus ajang silaturahmi antara TNI/Polri dan pemerintah dengan berbagai lembaga dan organisasi masyarakat di wilayah Sumatera Barat.

“Selain membangun silaturahmi, kegiatan tersebut juga diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk mencintai laut sehingga dapat memanfaatkan potensi yang terkandung di dalamnya,” kata Komandan KRI Banjarmasin 592 menyampaikan pernyataan Komandan Lantamal II (Danlantamal) Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman.

Joy Sailing pada prinsipnya merupakan upaya koordinasi lintas sektoral. Keikutsertaan elemen terkait terdiri dari satuan TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Pelajar, dan unsur maritim pada dasarnya mengarahkan bersangkutan agar peka dan tanggap terhadap berbagai persoalan yang terjadi di daerah khususnya perairan.

Dalam kesempatan ini Ketua Korcab II Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Lantamal II Padang Ny. Agus Sulaeman mengajak pelajar Hang Tuah naik ke kapal perang jenis Landing Platform Dock ini untuk mengenal kapal perang TNI AL.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.45 WIB ini dikuti oleh perwakilan mahasiswa perguruan tinggi di Sumatera Barat diantaranya dari Universitas Andalas, UNP, UPI, UIN Imam Bonjol,  Universitas Ekasakti,  UBH ,Poltek Pelayaran, dan Akademi Pelayaran Sapta Samudera.
(Fatah/Dispen Kolinlamil)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KRI Banjarmasin 592 Dukung Joy Sailing"

Posting Komentar