Dirjen Kemeristekdikti Lantik Pengurus DPD Pergubi DKI Jakarta, Depok, Bekasi dan Banten

Foto: Dirjen Kemeristekdikti Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, PhD (kanan) lantik Pengurus Pergubi DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Banten, dengan Ketua, Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomulyadi, MT, MH, IPU (kiri), disaksikan Ketua Umum Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA (tengah) 

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemeristekdikti Prof. dr. Ali Ghufron Moekti, MSc, PhD melantik Pengurus Persatuan Guru Besar (Profesor) Indonesia (Pergubi) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI Jakarta, Depok, Bekasi, dan provinsi Banten periode 2018-2023.

Saat pelantikan, Dirjen Dikti didampingi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pergubi, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA bersama jajarannya. Acara berlangsung di Gedung Hendriawan Sie kampus Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Kamis, 11 April 2019 lalu.

Adapun Ketua DPD Pergubi DKI Jakarta, Depok, Bekasi dan Banten yang dilantik, Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomulyadi, MT, MH, IPU adalah Guru Besar Tetap Universitas Mercu Buana Bidang Manajemen Konstruksi. Sarwono juga tercatat sebagai anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Tingkat Nasional (LPJKN) dan beberapa jabatan di organisasi lainnya.

Sebelum acara pelantikan, Ketua Panitia, Prof. Dr. Etty Murwaningsari, Ak, MM., CA melaporkan, bahwa koordinasi persiapan telah dilakukan sejak Desember 2018 lalu, dengan pihak Dirjen Dikti. Dilanjutkan pembacaan SK Pelantikan oleh Sekjen Pergubi, Prof. Dr. MTS Arief, MBA, CPM.

Masuk ke prosesi pelantikan, pengurus baru membacakan janji kepengurusan yang diwakili Ketuanya, Sarwono Hardjomulyadi. Pelantikanpun ditandai dengan penyerahan pataka dan pigura SK pelantikan kepada Ketua DPD DKI Jakarta, Depok, Bekasi dan Banten.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pergubi, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA mengatakan, agar pengurus DPD DKI Jakarta, Depok Bekasi, dan Banten dapat bekerja sebaik-baiknya, sesuai Visi, Misi dan Tujuan organisasi. Selain itu, dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dari berbagai aspek, terkait penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Sementara Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemeristekdikti Prof. dr. Ali Ghufron Moekti, MSc, PhD dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus baru, dan ucapan terimakasih juga kepada DPP Pergubi, yang telah mengkoordinasikan keseluruhan acara pelantikan. 

Ali Ghufron berpesan, agar organisasi Pergubi dapat berjalan dengan baik, seiring arah kebijakan pendidikan kedepan, yang dicanangkan Pemerintah. Terutama dengan adanya kebijakan peningkatan dan pengembangan kualitas SDM yang lebih berdaya saing global.

Adapun komposisi personalia DPD Pergubi DKI Jakarta, Depok, Bekasi dan Banten adalah sebagai berikut:
I. Pengarah: Prof. dr. Ali Ghufron Moekti, MSc, PhD
II. Dewan Penasehat:
- Gubernur DKI Jakarta
- Prof. Dr. E.S. Margianti, MM
- Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, MSc, PhD
- Prof. Dr. Satya Arinanto, SH, MH
III. Dewan Pimpinan Daerah:
- Ketua   : Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomulyadi, MT, MH, IPU
- Wakil Ketua : Prof. Dr. Wiwik Utami, Ak, MS, CA, CMA
- Sekretaris : Prof. Dr. Etty Murwaningsari, Ak, MM., CA
- Bendahara: Prof. Dr. Laura FN Sudarnoto

Kajian Sosial, Politik dan ekonomi:
1. Prof. Dr Dharma Tintri Ediraras, SE.Ak, MBA, CA
2. Prof. Farah Margaretha, ME., Ph.D

Sains dan Teknologi:
1. Prof. Dr. Ir. Charles O.P Marpaung, Ms
2. Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min
3. Prof. Ir. Krishna Mochtar, MSCE., Ph.D

Hukum dan Humaniora:
1. Prof. Dr. Apollo Dalto, M.Si, Ak
2. Prof. Dr. Astim Riyanto, MH

Budaya dan Pendidikan:
1. Prof. Dr. Bedjo Sudjanto, M.Pd
2. Prof. Dr. Lia Amalia, MM

Kerjasama:
1. Prof. Dr. Husein Umar, MBA., MM
2. Prof. Dr. Dana Santoso, M.Eng., Ph.D

Susunan personalia tersebut sesuai dengan Lampiran Surat Keputusan  Ketua Umum Pergubi, Nomor 038/SK/DPP-PERGUBI/VII/2018 yang ditandatangani Ketua Umum DPP Pergubi, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA.

Diketahui, Pergubi telah terbentuk sejak tahun 2011. Para anggotanya adalah para Profesor dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia serta memiliki SK (Surat Keputusan) Guru Besar yang resmi dari Pemerintah Republik  Indonesia.

Adapun Visi PERGUBI adalah, membangun karakter, intelektualitas dan kuallitas bangsa berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945​.

Sedangkan Misi Pergubi​ adalah: (1). Membangun karater dan pola pikir bangsa melalui pendidikan moral dan etik​;

(2). Membangun intelektualitas bangsa melalui pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing;

(3). Menunjang tinggi nilai-nilai kemanusiaan melalui keberagaman agama, kepercayaan dan kebudayaan;

(4). Mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai demokrasi melalui keterlibatan seluruh anak bangsa;

(5). Mempertahankan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa melalui kebersamaan; (6). Mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial melalui pengentasan kebodohan, keterbelakangan, kemelaratan dan kemiskinan. (DANS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama