Hadapi Mudik Lebaran, Kabid Humas Polda Banten Berikan Himbauan Kamtibmas

Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi P,  SIK MH saat memberikan himbauan kamtibmas di pelabuhan Merak.
CILEGON (wartamerdeka.info) - Mudik bagi masyarakat Indonesia merupakan suatu tradisi tahunan. Tradisi yang identik dilakukan menjelang hari raya besar keagamaan seperti perayaan Idul Fitri. Mudik untuk bertemu sanak keluarga di kampung halaman adalah hal yang dinantikan para pencari nafkah di luar daerahnya.

Suka cita hari raya ini patut diwaspadai dengan antisipasi tindakan kriminalitas, seperti pencurian rumah yang ditinggalkan saat mudik dan aksi-aksi kriminalitas lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Banten AKBP Edy Sumardi P,  SIK MH, menghimbau  kepada masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan manakala hendak meninggalkan rumah untuk mudik.

"Aksi kriminalitas jelang hari raya raya seperti pencurian di rumah yang ditinggalkan penghuninya marak terjadi. Kami imbau kepada masyarakat, sebelum mudik untuk mengecek dengan betul kondisi jendela dan pintu rumah. Pastikan terkunci dengan benar untuk mencegah aksi pencurian," kata  AKBP Edy Sumardi, Rabu (29/5/2019), saat memberikam himbauan kamtibmas di Pelabuhan Merak.

Edy menuturkan, untuk mencegah aksi kriminalitas jelang hari raya, secara intens pelaksanaan patroli akan dilakukan. Tak hanya itu, Polda Banten dan Jajarannya juga menyiagakan anggotanya di perumahan warga yang sudah dipetakan sebelumnya.

"Personel kita sebar dan melaksanakan patroli ke perumahan warga yang banyak ditinggalkan penghuninya mudik. Pos-pos pengamanan juga kita siapkan di pusat-pusat keramaian guna mencegah pemalakan, copet, dan aksi kriminalitas lainnya," ungkapnya.

Kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan, Kabid Humas menghimbau agar utamakan keselamatan di jalan, jangan ngebut, jika lelah istirahat di Pos Pam Ketupat, Kantor Polsek dan Rest area.

Pastikan tinggalkan rumah dalam keadaan terkunci, listrik di padankan dan titip kan kepada tetangga. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama