BREAKING NEWS

Ketua MPR: Sikapi Intoleransi, Negara Jangan Minimalis

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan semua aparatur negara, baik di pusat maupun daerah, untuk lebih ber...

Kompolnas RI Kunjungi Markas Besar Kepolisian Kanada

Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi

OTTAWA (wartamerdeka.info) - Kompolnas RI melakukan kunjungan kerja ke markas besar Kepolisian Kanada atau nama lengkapnya Royal Canadian Mounted Police, biasa disingkat dalam bahasa Inggeris RCMP.

RCMP ini dalam bahasa Perancis sering disingkat dengan GRC yang merupakan kependekan dari  Gendarmerie Royale du Canada. Dalam bahasa sehari – hari dikenal sebagai "Mounties", atau "Angkatan" dan merupakan  polisi federal dan nasional Kanada.

RCMP memberikan penegakan hukum di tingkat federal. Ini juga menyediakan pemolisian provinsi di delapan provinsi Kanada, yaitu di Alberta, British Columbia, Manitoba, New Brunswick, Newfoundland dan Labrador, Nova Scotia, Prince Edward Island, dan Saskatchewan, kecuali Ontario dan Quebec.

Pemolisian lokal terbagi dalam tiga wilayah (Wilayah Barat Laut, Nunavut, dan Yukon) dan lebih dari 150 kota, 600 komunitas asli, dan tiga bandara internasional.

RCMP tidak menyediakan kepolisian provinsi atau kota  di Ontario atau Quebec, namun semua anggota RCMP memiliki yurisdiksi sebagai petugas keamanan di semua bagian Kanada, termasuk Ontario dan Quebec.

Pada kesempatan ini salah satu Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi dalam keterangannya di  Ottawa, Rabu (30/10) menjelaskan bahwa kunjungan kerjanya tersebut dalam rangka mempelajari banyak hal terkait dengan kepolisian di Canada, termasuk bagaimana cara mereka menangani complain masyarakat terhadap kepolisian. Hal ini penting dilakukan agar Kompolnas maupun pengawas internal kepolisian bias meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam hal penanganan public complaint tersebut.

Selanjutnya Dede juga menambahkan bahwa sebagai pasukan polisi nasional Kanada, RCMP bertanggung jawab untuk menegakkan hukum federal di seluruh Kanada. Sementara hukum dan ketertiban umum termasuk penegakan hukum pidana dan perundang-undangan provinsi yang berlaku secara konstitusional menjadi tanggung jawab provinsi dan wilayah. Kota yang lebih besar dapat membentuk departemen kepolisian kotanya sendiri. Ujar Dede.

“ Di bawah mandat federal, RCMP memiliki tanggung jawab yang besar, seperti  menegakkan hukum federal termasuk kejahatan komersial, pemalsuan, perdagangan narkoba, integritas perbatasan, kejahatan terorganisir, menyediakan pasukan kontra-terorisme dan keamanan domestic, menyediakan layanan perlindungan untuk Raja Kanada, Gubernur Jenderal, Perdana Menteri, keluarga dan tempat tinggal mereka, dan para menteri Mahkota lainnya, pejabat tinggi yang berkunjung, dan misi diplomatic, serta berpartisipasi dalam berbagai upaya pemolisian internasional “, ungkap Dede.

Letak markas besar kepolisian Kanada ini sekitar 45 menit dari pusat kota, atau di pingggiran kota. Suasananya sejuk dan bersih. Namun juga untuk memasukinya tidak bias dilakukan oleh sembarangan orang. Di samping memiliki pengamanan pagar berlapis, saat masuk penjagaan semua barang elektronik dan handphone juga harus di simpan.

"Artinya tidak boleh dibawa masuk, maka praktis sulit untuk mendapatkan foto – foto dokumentasi selama di dalam markas “, jelas Dede menutup keterangan. (A)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompolnas RI Kunjungi Markas Besar Kepolisian Kanada"

Posting Komentar