Pemkab Dukung DOB Kota Telaga, Ketua Tim KPKT Weni Liputo: Misi Kita Kemandirian Rakyat

Bupati Nelson menerima audiensi Tim KPKT, di rumah dinas Bupati

LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Sejak digulirkan wacana pembentukan Kota Telaga menjadi Daerah Otonom Baru (DOB), Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mendukungnya. Dukungan pemerintah Kabupaten Gorontalo ini tak hanya dukungan moril saja, namun melalui kebijakan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, dukungan ini hingga tahap pendampingan pemberian anggaran melalui APBD – Perubahan tahun 2019 kemarin. Tak ingin hanya sampai pada wacana berbagai upaya pun dilakukan yakni mendampinginya pada pembentukan panitia percepatan.

Karena itu, sejak awal, Bupati Gorontalo berharap agar tim yang tergabung pada Komite Pembentukan Kota Telaga (KPKT), membuat langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain pembentukan SK pemekaran bahkan tim pemdaping telah dibentuk dengan mengambil pimpinan OPD  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang juga orang asli telaga.

Dukungan lain pun saat ini terus ditunjukan Bupati Nelson, dirinya terus menyediakan berbagai Infrastruktur di wilayah telaga Cs sebagai syarat utama menjadi daerah Otonom baru. Untuk itu, sang Deklarator Provinsi Gorontalo itu berharap, pada momentum apel akbar hari patriotik dan 20 tahun Provinsi Gorontalo, tanggal 23 januari 2020, tim KPKT menghadirkan kelompok masyarakat untuk mendeklarasikan.

”Saya berharap saat apel akbar 23 januari tim ini menghadirkan masyarakat dan momentum itu saya akan meminta dukungan dari semua pimpinan daerah, Bupati/ Walikota dan Gubernur provinsi Gorontalo serta unsur DPRD,” beber Bupati Nelson saat menerima audiensi Tim KPKT, di rumah dinas Bupati, malam ini (20/1/2020).

Pada momentum itu juga bertepatan dengan 20 tahun deklarasi Provinsi Gorontalo yang dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainduin Amali selaku Putra Gorontalo berasal dari telaga. “Kita akan menyuarakan bersama dan meminta dukungan Pak Zainudin Amali terhadap pembentukan DOB Kota telaga tersebut,” imbuhnya.


Nelson berharap panitia terus melangkah, dan paling utama sosialisasi kepada masyarakat terus dirancang dengan baik. Kajian dan admnisitrasi pokok-pokok pikiran tentang pembangunan telaga terus di lakukan. Karena itu, pemerintah terus memberikan dukungan salah satunya juga percepatan pemekaran telaga puncak sehingga telaga ini menjadi lima wilayah kecamatan.

Di tempat yang sama, Ketua Tim KPKT Weny Liputo menyampaikan, apresiasinya kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang terus menghibakan pikiran dan dukungan. Weni mengatakan, arahan dan dukungan Bupati Nelson sangat positif karena orientasi Pak Bupati tak hanya memikirkan wilayah  lain di Kabupaten Gorontalo, tapi juga terus memikirkan percepatan ekonomi dan lain –lain untuk percepatan pemekaran kota telaga dan itu adalah penghargaan kepada tim KPTP untuk bagaimana bisa mandiri, sejahtera.

“Kalau beliau, pak Bupati melihat sejak dulu bahwa telaga itu terkenal dengan kultur masyarakat yang berbeda. Yakni ada pedagang, atau pebisnis sehingga itu menjadi satu ciri khas yang sangat dibutuhkan untuk menjadi indikator utama untuk mengembangkan kota,” ungkap Weni Liputo.

Disentil soal deklarasi kapan, mantan Kepala dikbud Kabupaten Gorontalo itu mengatakan, bahwa deklarasi mengambil momentum roh dan semangat pada saat Gorontalo merdeka dari penjajahan belanda, berdirinya Provinsi Gorontalo tanggal 2 januari 1999.

“Alhamndulillah, itu menjadi harapan beliau, karena menjadi spirit pembentukan kota telaga yakni melalui deklarasi yang kita laksanakan tanggal 23 januari tahun 2020 ini,” bebernya.

Dari segi populasi, Weni Liputo menjelaskan, bahwa dari data BPS itu, kurang lebih 91 ribu dan itu sudah memenuhi syarat dari 4 indikator utama yang menjadi persyaratan berdirinya DOB bahkan batas-batas wilayah sudah jelas bahkan dari sisi wilayah administratif sudah empat kecamatan, kemudian potensi ekonomi sangat bagus.

“sehingga itu, kami dari komite ini menjadi jaminan kepada rakyat, optimis bahwa Insya Allah,dengan dukungan pemerintah Kabupaten Gorontalo dan juga Insya Allah Provinsi, Gubernur dan DPR, dapat mempercepat kota telaga dan misi kita adalah menuju kemandirian rakyat,” tutup Weni. (Ar/irf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama