BREAKING NEWS

Update Covid-19 Purwakarta: Balita Asal Kec. Kiarapedes Dinyatakan Positif Corona

PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19 Kabupaten Purwakarta merilis perkembangan penanganan Virus Co...

Limbah Medis RS Lira Medika Karawang Dibuang Sembarangan, Dapat Sorotan


KARAWANG (wartamerdeka.info) - Menyikapi kejadian ditemukannya limbah medis yang diduga berasal dari rumah sakit Lira Medika Karawang beberapa waktu yang lalu,  Komite Peduli Lingkungan Hidup (KPLHI) DPW Karawang berencana dalam waktu dekat akan melayangkan surat laporan kepada Unit Tipidter Polres Karawang.

Saat ditemui di Kantor Sekertariat KPLHI Jalan Baru Alternatif Lingkar Tanjung Pura  Kelurahan Tanjung Mekar Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Jawa Barat Sekertaris Jendral  KPLHI Arief Aryadi menegaskan bahwa pihaknya akan melayangkan laporan kepada pihak kepolisian terkait ditemukannya limbah medis yang di buang sembarangan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara di wilayah Palumbonsari Selasa (18/02/2020).

Arief juga menegaskan karena mengacu kepada UU NO : 32 Tahun 2009 pasal 92 Tentang Hak Gugat Organisasi Lingkungan Hidup maka dia akan melayangkan surat laporan kepada pihak Kepolisian Resort Karawang Unit Tipidter dengan terlapor Rumah Sakit Lira Medika Karawang.

Pihaknya akan terus mengawal kasus ini dengan serius karena ini adalah masalah besar yang akan berdampak sangat berbahaya bagi masyarakat sekitar dan umumnya masyarakat Karawang.

Karena  limbah infeksius dibuang sembarangan oleh pihak Rumah Sakit Lira Medika Karawang.

Ia menduga kemungkinan berbagai penyakit semua ada di limbah tersebut.

"Apabila limbah tersebut diambil oleh anak- anak kemudian dibuat mainan atau disalahgunakan oleh yang orang yang menemukannya coba deh anda bayangkan sendiri limbah Rumah Sakit tersebut,"cetus Arief.

"Besok kami akan rapatkan persoalan ini di DPP KPLHI untuk langkah lebih lanjutnya,"jelasnya.

Apresiasi dukungan dan  langkah DPP KPLHI Karawang  yang akan melaporkan terduga pelaku pembuang limbah medis  Rumah Sakit Lira Medika Karawang ini juga diungkapkan oleh Ketua Umum Garda Patriot Bersatu, Denis FW, SH di kediamannya Perum VIP BLok F 7 Cikampek.

Dia sangat mendukung langkah DPP KPLHI yang akan menyeret terduga para pelaku penjahat lingkungan tersebut ke ranah hukum.

"Jangan main - main untuk urusan lingkungan hidup ," cetusnya.

Ia menambahkan, pihakbya juga penasaran siapa sebenarnya pihak yang sudah dipercaya oleh Rumah Sakit tersebut untuk mengelola limbah medisnya, dan segera mempertanggung jawabkan semua perbuatannya.

Lebih lanjut dan untuk para penegak hukum dia berharap harus selalu On The Track dalam bertugas karena saya melihat ini masalah yang sangat serius.

"Selain itu masyarakat Karawang menunggu kebenaran yang harus diungkap, "tutupnya, kemarin.  (Pandi)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Limbah Medis RS Lira Medika Karawang Dibuang Sembarangan, Dapat Sorotan"