Satgas Pangan Jabar Dan Kab. Purwakarta Gelar Operasi Pasar Murah Bawang Putih Di Pasar Tradisional


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Sebagai upaya menstabilkan harga bawang putih yang sejak akhir tahun hingga saat ini di pasaran mengalami kenaikan tak wajar, Tim Satgas Pangan Jabar dan Purwakarta melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KUPP) menggelar operasi pasar murah di sejumlah pasar tradisional di Wilayah Kab. Purwakarta, Jum'at (6/3/2020).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (KUPP) Purwakarta, Karliati Djuanda kepada sejumlah Awak Media di sela operasi pasar murah di pasar tradisional Leuwi Panjang Purwakarta.

Dikatakan, pihaknya melibatkan Satgas Pangan Provinsi termasuk dari jajaran Polda Jabar mengingat, saat ini harga bawang putih sudah tak terkendali. Bahkan, beberapa pekan lalu harganya melebihi puncak tertinggi penjualan, yakni Rp 60 ribu per kilogram

"Saat ini harganya memang berangsur turun terpantau di kisaran Rp 40 ribu sampai 45 per kilogram. Jadi harganya masih belum stabil, masih fluktuasi, yang seharusnya harga normal hanya Rp 20 ribu per kilogram. Kalau pun terjadi kenaikan harga tak melebihi Rp 28 ribu perkilogramnya," tutur Karliati.

Karliati juga menjelaskan,OPM ini upaya pihaknya menstabilkan daya beli masyarakat. Jangan sampai, masyarakat dirugikan akibat harga bawang putih yang mahal.

Pihaknya menyiapkan bawang putih sebanyak 7 ton yang akan didistribusikan di 3 pasar tradisional di antaranya di Pasar Citeko, Wanayasa dan Leuwi panjang Purwakarta.

"Adapun bawang putih yang dijual di OPM ini merupakan stok atau bantuan dari Provinsi yang kami jual Rp 28 ribu per kilogram. Siapa saja boleh beli, minimalnya satu kilogram, OPM ini akan digelar selama 2 hari kedepan,” jelas Karliati Djuanda.

Hal senada juga dikatakan personel Satgas dari Polda Jabar, Siti Hamidah yang mengatakan, untuk di Jawa Barat kegiatan OPM ini telah digelar di beberapa Kabupaten/kota. Di antaranya, Cimahi, Cianjur dan Purwakarta.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari antisipasi supaya harga kebutuhan pokok masyarakat bisa tetap stabil, Untuk kebutuhan Operasi Pasar Murah di Jabar, kami akan siapkan 22 ton bawang putih," pungkas Siti Hamidah.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama