Widget HTML Atas


Kades Pilohayanga Umumkan Penerima BLT Lewat Masjid


Kades Pilohayanga Taufik Husa SP
LIMBOTO (wartamerdeka.info) -  Pemerintah Desa Pilohayanga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo memiliki cara unik menyeleksi warga penerima bantuan langsung tunai (BLT). Selain telah mendata, serta mendiskusikan daftar calon penerima bersama BPD.

Kades Pilohayanga Taufik Husa SP. mengumumkan daftar penerima langsung kepada warga.

Tak sekedar pengumuman lewat selebaran, warga miskin penerima bantuan diumumkan lewat masjid-masjid, hingga ke pasar desa.

“Tujuan kita agar seluruh rakyat tahu, dan kita ingin transparan dalam memberikan bantuan, ini juga sesuai dengan himbauan pak bupati,” jelas Taufik

Sebab lanjutnya, berdasarkan Permendagri Nomor 6 tahun 2020 yakni penerima adalah keluarga miskin non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang kehilangan mata pencaharian akibat adanya Covid-19, belum ter data dalam basis data terpadu (BDT) atau keluarga miskin, dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

“Dengan kita umumkan ini, kita juga bisa mendapat masukan dari warga. Jangan sampai ada penerima BLT yang ternyata tidak layak untuk dapat bantuan, atau sudah tercover dalam bantuan lainnya,” lanjutnya.

Dengan mengumumkan langsung kepada warga, Kades jebolan Pilkades 2019 itu berharap penerima BLT yang bersumber dari dana desa itu, benar-benar layak menerima dan sesuai sasaran.

Di Pilohayanga sendiri ada 49 warga calon penerima BLT. Jumlah ini diakui Taufik belum final. Bisa saja, bertambah. Sebab pemerintah desa masih memberikan sesi sanggahan agar warga bisa memberikan masukan atau mengajukan keberatan atas penetapan calon penerima BLT.

“Nanti para warga ini akan dapat BLT sebesar Rp600ribu selama tiga bulan, jadi kita siapkan anggaran sekitar Rp90juta,” ungkapnya.

Dalam penanganan pandemik ini, Pemdes Pilohayanga sendiri menggelontorkan anggaran 30 persen dari dana desa. Anggaran ini dipergunakan untuk sosialisasi pencegahan Corona, pemberian Sembako, pemberian APD dan juga bantuan tunai.

“Kita berharap bantuan-bantuan ini meringankan beban warga selama penerapan PSBB ini,” pungkas dia. (Ar/Ir)

Posting Komentar untuk "Kades Pilohayanga Umumkan Penerima BLT Lewat Masjid"