Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Raih Juara Harapan 2 Lomba Cerpen Esai PPWI, Wapemred wartamerdeka.info Danny PH Siagian Biasa Menulis Soal Politik Dan Ekonomi

Wapemred wartamerdeka.info, Danny PH Siagian

JAKARTA (wartamerdeka.info)
- Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) media online wartamerdeka.info (Jakarta), Danny PH Siagian, SE., MM, berhasil meraih peringkat Juara Harapan 2, pada Lomba Menulis Cerpen Esai dari Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI).

Danny Siagian menjajal kemahiran menulisnya di kategori Wartawan dan Pewarta Warga, dan bersaing dengan puluhan wartawan kawakan ibukota maupun daerah. Sedangkan 2 (dua) kategori lainnya adalah, Masyarakat Umum, serta Pelajar dan Mahasiswa.

Lomba Menulis Cerpen Esai ini diikuti 228 orang peserta dari ujung Aceh hingga ujung Papua, dengan jumlah naskah 258 buah, karena setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu artikel. Adapun penilaiannya terdiri dari 3 (tiga) unsur, yakni: Isi dan Alur Cerita; Gaya dan Tata Bahasa; serta Catatan Kaki atau yang biasa disebut Foot Note.

Dari sumber Panitia diketahui, masing-masing kategori, terpilih 10 pemenang, yang terdiri dari Juara 1,2,3 dan Juara Harapan 1,2, serta 5 (lima) juara Favorit. Sehingga total pemenang menjadi 30 orang, karena setiap pemenang hanya satu naskah yang dimenangkan, kendati setiap peserta bisa mengirim naskah lebih dari satu.

Danny Siagian yang sejak tahun 2009 telah bergabung dengan media online wartamerdeka.info group (sebelumnya wartamerdeka.com) bersama bisnismerdeka.com, selama ini diketahui adalah wartawan desk politik, ekonomi dan hukum. Liputan sebelumnya ditugaskan di lingkungan DPR/DPD/MPR RI, Senayan, Jakarta hingga 2017 lalu.

Sebab itu, jurnalis yang juga dosen ini mengangkat fakta pengalaman sebelumnya bersama rekan-rekannya di Pers DPR, serta menggabungkannya dengan fiksi. Akhirnya dia menetapkan topik, “Open House Lebaran di Masa Covid-19? Wassalam, dan Dewan Juri yang terdiri dari 3 (tiga) jurnalis kawakan itu memberinya total nilai 242.

Dikatakan Panitia, artikel Cerpen Esai ini sendiri, merupakan genre baru dalam dunia sastra di tanah air, bahkan di tingkat dunia. Sedangkan tema lomba adalah: Meniti Ramadhan Bersama Covid-19.

Format dan nama Cerpen Esai diperkenalkan oleh Denny JA yang disebut-sebut sebagai Bapak Survei Indonesia. Kisi-kisi dan contoh cerpen esai hasil karya Denny yang telah dipublikasikan di berbagai media jaringan Pewarta Indonesia beberapa waktu lalu menjadi rujukan utama lomba ini.

Sebagaimana ditetapkan Panitia PPWI, Cerpen Esai adalah karya sastra dalam bentuk cerita fiksi yang diangkat dari kisah nyata atau faktual. Dengan kata lain, cerpen esai merupakan kejadian atau fenomena atau hasil kajian yang bersifat akademis, yang dituangkan dalam bentuk karangan bebas berupa cerita pendek. Cerpen Esai adalah gabungan cerpen dan esai. Ia cerpen yang bercita rasa esai, esai yang bercita rasa cerpen.

Sedangkan panjang tulisan cerpen esai adalah 1000 hingga 1500 kata (tidak termasuk foot-note), ditulis dengan program Microsoft Word, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12 poin. Adapun waktu dari mulai Pengumuman lomba, Penilaian hingga Pengumumannya, hanya dalam SDWEwaktu kurang-lebih 4 (empat) minggu, yang berakhir tanggal 23 Mei lalu.

Sementara pengumuman sosialisasi lomba ini sebelumnya telah dilansir berbagai media top seperti: republika.co.id; rmco.id; mediaindonesia.com; jawapos.com; beritasatu.com; indopos.com; beritanasional.id; actual.co.id; sumateranews.com; batampos.co.id; harianindonesia.id; pewartaindonesia.com; dan beberapa media lainnya sekitar jelang akhir April 2020 lalu.

Berikut ini Pengumuman Hasil Lomba Menulis Cerpen Esai Ramadhan 1441 H PPWI, oleh Dewan Juri (Simon Syaefudin, Wilson Lalengke, dan Dian Sri Prabawardhani), tanggal 28 Mei 2020 (5 Syawal 1441 H) yaitu:

KATEGORI WARTAWAN & PEWARTA WARGA:

JUARA 1 diraih oleh Yerwinda Kulua, judul Cerpen Esai Menjelang Malam Takbiran, memperoleh total nilai 271;

JUARA 2 diraih oleh Yeni Sapmawati, judul Cerpen Esai Corona Oh Corona, memperoleh total nilai 262;

JUARA 3 diraih oleh Neneng JK, judul Cerpen Esai Aku Nekat Mudik Lewat Jalur Tikus, memperoleh total nilai 251;

JUARA HARAPAN 1 diraih oleh Adio Seftiwan, judul Cerpen Esai Pandemi Corona Bukan Penghalang untuk Beribadah, memperoleh total nilai 247;

JUARA HARAPAN 2 diraih oleh Danny PH Siagian, judul Cerpen Esai Open House Lebaran di Masa Covid-19? Wassalam, memperoleh total nilai 242;

JUARA FAVORIT:

1. Ahmad Muhtarom, judul Cerpen Esai Ramadhan Kareem From Home, memperoleh total nilai 238;

2. Agoes Hendriyanto, judul Cerpen Esai Merajut Asa Kethek Ogleng di Tengah Pandemi, memperoleh total nilai 237;

3. Yan Widjaya, judul Cerpen Esai Yang Mudik, Yang Mudeng, memperoleh total nilai 235;

4. Saefudin, judul Cerpen Esai Dan Sayap Kupu-kupu Malam Pun Patah, memperoleh total nilai 232;

5. Gunoto Saparie, judul Cerpen Esai Perceraian di Bulan Suci, memperoleh total nilai 229.

KATEGORI MASYARAKAT UMUM

JUARA 1 diraih oleh Imar Prastiani, judul Cerpen Esai Dia Berpulang di Bulan Ramadhan, memperoleh total nilai 282;

JUARA 2 diraih oleh Alamsari, judul Cerpen Esai Umar Tak Kunjung Datang, memperoleh total nilai 278;

JUARA 3 diraih oleh Rika R Johara, judul Cerpen Esai Bau Amis Portal Mudik, memperoleh total nilai 274;

JUARA HARAPAN 1 diraih oleh Susi Nurkhofsyah, judul Cerpen Esai Virus Membawanya Pergi, memperoleh total nilai 273;

JUARA HARAPAN 2 diraih oleh Desynata Purnamasari, judul Cerpen Esai Jeritan Ramadhan di Tengah Pandemi, memperoleh total nilai 272;

JUARA FAVORIT:

1. Duwi Hartanti, judul Cerpen Esai Pamer Bojo Anyar, memperoleh total nilai 269;

2. Megawaty Iskandar, judul Cerpen Esai Jubah Emas dari Malik, memperoleh total nilai 267;

3. Ridwan Hasyimi, judul Cerpen Esai Imah Tak Mudik, memperoleh total nilai 265;

4. Rianto, judul Cerpen Esai Balada Galau di Tengah Pandemi, memperoleh total nilai 262;

5. Nurul Chomaria, judul Cerpen Esai Ramadhan Terindah Ayahku, memperoleh total nilai 260.

KATEGORI PELAJAR & MAHASISWA

JUARA 1 diraih oleh Leoni Sandra, judul Cerpen Esai Sang Guru, memperoleh total nilai 262;

JUARA 2 diraih oleh Nashrul Hanif Al Hakim, judul Cerpen Esai Simpang Empat dan Mangut Lele, memperoleh total nilai 243;

JUARA 3 diraih oleh Dolorosa Sinta, judul Cerpen Esai Balada Puspita Si Anak Desa, memperoleh total nilai 235;

JUARA HARAPAN 1 diraih oleh Rafi Bagaskara, judul Cerpen Esai Aku, Bapak, dan Kopi Hitam, memperoleh total nilai 227;

JUARA HARAPAN 2 diraih oleh Ayu Maryuni, judul Cerpen Esai Tertunda, memperoleh total nilai 223;

JUARA FAVORIT:

1. Sabina Andria Fatiha, judul Cerpen Esai Dia yang Terenggut, memperoleh total nilai 220;

2. Anistya Khairun Nisa, judul Cerpen Esai Hikmah di Balik Covid-19, memperoleh total nilai 218;

3. Holifatul Hasanah, judul Cerpen Esai Rabu Penuh Sendu di Tengah Corona, memperoleh total nilai 217;

4. Cindy Andriani, judul Cerpen Esai Kelas Daring, Bulan Ramadhan, dan Pandemi Covid-19, memperoleh total nilai 215;

5. Muhamad Rizal Ramdani, judul Cerpen Esai Harapan yang Tersisa, memperoleh total nilai 213.

Sebagaimana diumumkan Panitia sebelumnya, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah dan penghargaan sebagai berikut:

Juara I: Trophy, uang Rp 3 juta, dan sertifikat

Juara II: Trophy, uang Rp 2 juta, dan sertifikat

Juara III: Trophy, uang Rp 1 juta, dan sertifikat

Harapan 1: Trophy, uang Rp 750 ribu, dan sertifikat

Harapan 2: Trophy, uang Rp 500 ribu, dan sertifikat

Hiburan bagi 5 orang: Uang Rp. 200 ribu dan sertifikat

Sementara itu, dari Panitia Lomba mengatakan kepada seluruh peserta lomba yang belum beruntung, agar tidak bersedih. Menurutnya, bukan hasil karyanya yang kurang berbobot atau tidak bagus, namun karena begitu banyak jumlah naskah yang masuk, sementara jumlah pemenang sangat terbatas.

Kepada pemenang, Panitia akan menghubungi via email dan nomor WA para pemenang untuk konfirmasi kemenangan dan hadiah-hadiah yang akan diberikan, hanya melalui email: lomba.cerpen.esai@gmail.com dan nomor kontak 081371549165 (Shony). Selain alamat email dan nomor kontak tersebut, jangan dilayani. (AR)

Posting Komentar untuk "Raih Juara Harapan 2 Lomba Cerpen Esai PPWI, Wapemred wartamerdeka.info Danny PH Siagian Biasa Menulis Soal Politik Dan Ekonomi"