Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Dandim Yogya: Hadapi Corona, Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Mulai RT


YOGYAKARTA (wartamerdeka.info) – Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Koramil 06/Mergangsan Gelar Kegiatan Komunikasi Sosial. Komunikasi dan Silaturrahmi dengan komponen masyarakat, merupakan salah satu bentuk kedekatan TNI dengan masyarakat, guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan sebagai sarana untuk memonitoring situasi di wilayah binaannya.

Kegiatan yang bertema “bergandengan tangan membangun negeri memperkokoh persatuan dan kesatuan” sangat tepat cocok dalam situasi pandemi Covid-19. Acara tersebut diakhiri dengan dialog, dengan mendengarkan masukan, saran dan harapan dari masyarakat. Kegiatan dilaksanakan, Rabu (17/06/2020) bertempat di Balai RK Surokarsan, Kel. Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum., Camat Mergangsan, Kepala Puskesmas, Kepala KUA, Babinsa, Babinkamtibmas, organisasi sosial dan tokoh masyarakat.

Mayor Inf. E. Andriyanto, Komandan Koramil 06/Mergangsan, dalam sambutannya, pilihan tema tersebut sangat tepat dalam kondisi saat ini. Bergandengan dan bersinergi dengan semua pihak bagian dari gotong royong. “Filosofi jempol dan jentik dalam bersinergi, dimana Kodim dan Koramil dapat bertemu dengan kita semua”, ujar Andriyanto.

Sementara, Kolonel Arh Zaenudin, SH., M. Hum., dalam sambutannya menjelaskan bergandengan tangan, sudah diimplementasikan dengan baik di wilayah Mergangsan mulai dari RT, RW Kelurahan dan seterusnya.

Lebih lanjut, Komandan Kodim memberikan komentar dan apresiasi yang dilakukan oleh Babinsa Wirogunan. Contoh video MasBayu (Masyarakat Berbagi Sayuran) sebagai budaya gotong toyong yang sudah diaplikasikan di wilayah Mergangsan. Yang mampu membantu yang kurang mampu dan dilakukan secara bergandengan tangan.

Situasi bangsa saat ini, sedang dalam pandemi covid-19. Saat ini sudah perang, yaitu perang melawan Corona yang tidak bisa dilihat dan diraba. Corona yang mematikan menjadi musuh bersama, lanjut Zaenudin. “Mari kita jaga bersama dan bergandengan tangan dalam mengatasi pandemi Covid-19 serta tetap memperhatikan protokol kesehatan”, ujarnya.

Menjaga situasi wilayah agar tetap aman, nyaman dan kondusif, khususnya dalam masa pandemi Covid-19, dibutuhkan peran serta dan kerjasama seluruh komponen masyarakat.

Keamanan, ketertiban dan kondusifitas wilayah, bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat TNI dan Polri, namun merupakan tugas kita bersama.

Sementara Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kel. Wirogunan, Sertu Danang Supriyadi, menyatakan, sebagai babinsa terus berupaya melaksanakan tugas-tugas dari komando atas dan sebagai aparat komando kewilayahan. Babinsa wajib menguasai wilayah, baik dari segi geografi, demografi dan kondisi sosial sampai keanggotaan suatu organisasi atau institusi.

“Tugas-tugas ini saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab, sehingga kerjasama yang baik tokoh masyarakat, menjadi perhatian saya selama ini," tegas Danang di sela-sela acara komsos.

Tanpa adanya peran serta warga masyarakat keamanan dan kamtibmas di wilayah Mergangsan, khususnya di Kel. Wirogunan, sulit untuk diwujudkan. Kebersamaan dan kemitraan antara warga masyarakat dengan aparat keamanan harus terus dijaga dan dipelihara.

Bergandengan tangan membangun negeri, memperkokoh kesatuan dan kesatuan, sangat tepat dalam situasi pandemi Covid-19. (A)

Posting Komentar untuk "Dandim Yogya: Hadapi Corona, Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Mulai RT"