SKK Migas - PHSS Dukung Program Pendidikan, Meluncurkan Beasiswa Sanga Sanga


Memperoleh pendidikan merupakan investasi jangka panjang dalam meningkatkan kualitas hidup dan mendorong kemajuan dan kemandirian suatu bangsa. Tak hanya menjalankan tugas dan perannya sebagai industri hulu migas bagi bangsa, PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) selaku anak perusahaan dari PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) melalui program tanggung jawab sosial dalam bidang pendidikan menjalankan  peran sosialnya dengan menggulirkan beasiswa pendidikan sarjana tahun 2020 kepada siswa-siswi di sekitar wilayah operasi PHSS, Kabupaten Kutai Kartanegara. 

PHSS bersama SKK Migas Perwakilan Kalimantan - Sulawesi berkolaborasi dengan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) dalam melaksanakan program beasiswa pendidikan ini yang bernama Beasiswa Sanga Sanga dan Beasiswa Laskar Sanga Sanga. 

Proses seleksi penerima beasiswa telah dilakukan selama kurang lebih 2 bulan sejak bulan Juli yang melibatkan pihak sekolah menengah atas/sederajat di 6 kecamatan wilayah sekitar operasi PHSS (Muara Badak, Marangkayu, Anggana, Muara Jawa, Sanga Sanga, Samboja), instansi pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, pemerintah kecamatan setempat, serta UP 45 Yogyakarta. Tahapan seleksi dibagi menjadi yaitu seleksi berkas administrasi dan wawancara online calon penerima beasiswa. 

Tahapan seleksi telah dilaksanakan dan pada 18 September lalu, tim UP45 Yogyakarta telah mengumumkan tujuh penerima beasiswa yang terdiri dari 5 orang penerima beasiswa Sanga Sanga dan 2 orang penerima beasiswa Laskar Sanga Sanga. 

Sugeng Wiharto, Manajer Legal & Relations PHSS menjelaskan program beasiswa pendidikan dari PHSS ini merupakan upaya nyata dalam mendukung program pemerintah dalam menyiapkan SDM yang unggul dan berdaya saing. “Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kelak penerima beasiswa dapat menjadi insan perubahan bagi kemajuan di daerahnya,” sambung Sugeng ketika menerima informasi seleksi beasiswa dari UP 45 Yogyakarta. 

Harapan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Muara Badak, Nurmalawati, agar program ini dapat dilakukan secara regular setiap tahun sehingga nantinya pihak sekolah dapat mengumumkan lebih awal dan siswa-siswi dapat termotivasi untuk mendapatkan beasiswa ini. “Kami sangat mengapresiasi program beasiswa pendidikan ini, karena terkadang ada siswa yang berprestasi tapi kurang mampu untuk membiayai kuliah dan program ini menjadi salah satu jawaban dari doa anak-anak,” tutur Nurmalawati mengapresiasi program ini.

Pemberian beasiswa tersebut juga mendapat apresiasi dari Manajer Senior Humas SKK Migas Kalsul Sebastian Julius, pihaknya sangat mendukung penuh program bantuan pendidikan berupa beasiswa yang diberikan oleh PHSS.  Industri hulu migas terus berupaya memberi kontribusi bagi negara , pemerintah daerah dan masyarakat sekitar

“Pemberian bantuan program pendidikan melalui pemberian beasiswa ini adalah kontribusi industri hulu migas untuk meningkatkan SDM masayarakat Kukar, yang diharapkan dapat menjadi bekal dalam bersaing didunia kerja nantinya atau berwira usaha, ”ujar Sebastian.

Sehingga lanjutnya, operasi industri hulu migas yang berada di wilayah Kukar dan sekitarnya perlu mendapat dukungan luas semua pihak agar berjalan lancar baik dalam eksplorasi ataupun produksi.

Galih Rachman, penerima beasiswa dari SMAN 1 Muara Badak mengungkapkan, melalui program ini dirinya bercita-cita dapat membawa pengetahuan yang dipelajari terutama di sektor perminyakan ini untuk dapat diaplikasikan di tempat kerja nanti. ” Pastinya program beasiswa ini mewujudkan keinginan saya yang ingin menimba ilmu di universitas luar Kaltim terutama di pulau Jawa khususnya di kota Pelajar, Yogyakarta,” tambahnya.

PHSS akan selalu berkontribusi bagi kemajuan taraf hidup masyarakat di sekitar wilayah operasi  melalui program tanggung jawab sosial yang sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan kaidah-kaidah tata kelola yang baik selain menjalankan amanat tugas utamanya menjalankan kegiatan operasi industri migas yang bersih dan inovatif bagi bangsa,ujarnya.(ton)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama