Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Kadis PLH Sulsel Andi Hasdullah: Kepala Daerah Wajib Sertakan KLHS Pada RPJMD

Ir Andi Hasdullah, Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan


MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Kadis Pengelolaan Lingkungan Hidup (PLH) Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Andi Hasdullah mengingat, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) wajib untuk penyusunan RPJMD 12 kabupaten kota yang telah melakukan pilkada langsung di Sulawesi Selatan.

Hal ini diungkapkan Andi Hasdullah  melalui rapat kordinasi secara virtual yang dipimpinnya, di kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari Jumat (08/01/2021).

Andi Hasdullah kepada wartawan mengungkapkan,  para pimpinan daerah yang terpilih itu diawal pemerintahannya akan segera menyusun RPJMD lima tahun kedepan sebagai payung perencanaan untuk membangun daerah masing - masing termasuk merealisasikan janji janji kampanyenya.

Adapun daerah yang melakukan pemilihan kepala daerah diantaranya kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Luwu utara, Luwu Timur, Toraja, Toraja utara, Bulukumba, Gowa, dan Kabupaten Selayar.

Terkait dengan penyusunan RPJMD maka diwajibkan masing masing daerah itu untuk menyusun dokumen kajian lingkungan hidup strategis KLHS yang memastikan dan merekomendasikan keberlanjutan pembangunan yang ramah lingkungan.

"Kajian itu memuat 17 tujuan (SDGs) pembangunan di segala bidang kehidupan masyarakat yang  menjadi masukan untuk diakomodir dalam penyusunan RPJMD kabupaten kota pasca pilkada," urai Andi Hasdullah.


Rapat yang menghadirkan kepala Bappeda dan Kadis DLH untuk 12 kabupaten kota tersebut untuk mengingatkan sekaligus membekali agar dokumen KLHS segera disusun dan dipersiapkan karena validasi RPJMD oleh pemprov sulsel tidak akan diproses kalau tidak didukung dengan dokumen KLHS.

"Kita arahkan dokumen KLHS ini bisa diselesaikan lebih awal sebelum rencana awal RPJMD diajukan karena sejumlah rekomendasi lingkungan yang dimuat di KLHS itu menjadi isu yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPJMD," ujarnya.

"Intinya, ini dokumen sangat strategis dan ini menjamin terlaksananya pembangunan daerah yang ramah lingljngan dan berkelanjutan," lanjut Hasdullah.

Ia juga menyampaikan pesan Gubernur Nurdin Abdullah agar dalam mengakselerasi pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat di Sulsel tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup yang ramah dan berkelanjutan.

"Saya berharap OPD yang terkait Bappeda dan DPLH  dapat segera mengakomodir penyusunan KLHS nya untuk pembuatan RPJMD kepala daerah terpilih," harap Hasdullahm

"Kita akan kawal dokumen KLHS ini dan hari kita sudah sampaikan kepada daerah yang terkait untuk pelaksanannya," pungkasnya.  (A)

Posting Komentar untuk "Kadis PLH Sulsel Andi Hasdullah: Kepala Daerah Wajib Sertakan KLHS Pada RPJMD"