Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Pos TNI-AL Kec Kumai Siap Amankan Perairan Di Kobar

Letda Rio Komandan Pos TNI AL, Kecamatan Kumai

KOBAR (wartamerdeka.info) - TNI Berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. Sekaligus juga sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.

Terkait dengan hal itu, TNI Angkatan Laut yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), juga mempunyai peran dan fungsi dalam menjaga dan mengamankan perairan dari berbagai ancaman guna keselamatan bangsa. 

Di samping berperan sebagai penjagaan wilayah perairan, TNI Angkatan Laut, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), juga memiliki peran dan fungsi, yaitu sebagai pembinaan potensi maritim.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Letda Rio Komandan Pos TNI AL, Kecamatan Kumai, Jumat (08/01/2021).

"Mengingat jarak antara Kotawaringin Barat, Kec Kumai atau Laut Kumai dan Banjarmasin, memang terlalu jauh, maka dibentuklah perwakilan atau Angkatan Laut, yang memiliki peran dan fungsi, yakni yang pertama ialah sebagai penjagaan maritim, yang ke dua sebagai keamanan laut dan yang ke tiga yaitu untuk pembinaan potensi maritim yang ada di sini," ujarnya.

Penjagaan maritim dilakukan agar tetap aman dan kondusif. Adapun bagian batas wilayah, yaitu dimulai dari perairan pedalaman juga termasuk sungai, serta sampai dengan zona eksklusif. Semua harus terjaga dengan keamanan maritim.

Sejauh ini TNI AL, yang berada di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dianggap cukup berhasil dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan peran dan fungsinya. Selama satu tahun dipimpin Letda Rio,  dinilai berhasil oleh masyarakat.

"Yang sudah kami laksanakan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan dari pimpinan, misalkan situasi di sini tetap aman dan terjaga serta kondusif dan tidak ada kejahatan, maupun lainnya. Yang ke dua pembinaan potensi juga sudah kami laksanakan termasuk yang kemarin kami mengajar di SMK Negeri 3, itu merupakan pembinaan potensi maritim. Tak hanya itu, kita juga bersama sama nelayan melaksanakan berbagai kegiatan," jelasnya.(and/th)  

Posting Komentar untuk "Pos TNI-AL Kec Kumai Siap Amankan Perairan Di Kobar"