Bupati Lamongan Tebar Benih Ikan Tombro

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -  Selama pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi nasional mengalami penurunan, termasuk  Lamongan turun sebesar 1 persen. 

Perikanan menjadi salah satu sektor yang mampu terus bergerak dalam menyumbang surplus pertumbuhan ekonomi selain pertanian.

Bupati Lamongan Fadeli, Senin (8/2) melakukan penyebaran benih ikan (Restocking) di Waduk Prijetan bersama UPT Perikanan Budidaya Air Tawar/ Air Payau di Desa Kalen Kecamatan Kedungpring. Sebanyak 90 ribu benih ikan tombro dan tawes disebar di Waduk seluas 231 hektar itu.

Pada kegiatan tersebut, bupati Fadeli mengatakan, penaburan benih di tengah pandemi ini merupakan salah satu rangkaian sejumlah ketangguhan, yang dilakukan di Lamongan, yakni Perikanan Tangguh Lamongan 2021. 

Bupati yang akan mengakhiri masa jabatannya pada medio Februari ini, juga menyebut bahwa masa pandemi, hanya sektor pertanianlah yang mampu menahan turunnya pertumbuhan ekonomi, menyumbang pertumbuhan positif 2,59 persen pada kwartal IV tahun 2020. 

Selain itu, petani/petambak/nelayan masih mampu menikmati hasilnya. Hal tersebut ditandai dengan nilai tukar petani yang cukup baik, mencapai 104.

Termasuk, Penebaran benih ikan ini dimaksudkan untuk membantu petambak Lamongan. 

“Dalam upaya peningkatan produksi ikan budidaya, hari ini kita menebar benih ikan yang berkualitas serta membantu petambak berupa benih tombro dan tawes sebanyak 95 ribu, serta 1.500 benih kakap putih,” kata Bupati Fadeli.

Selain itu, Bupati Fadeli juga menyalurkan bantuan 11.750.000 benih udang vaname dan 2000 Kg pakan ikan dari Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP). Bantuan ini disalurkan kepada Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Tambak Makmur Kelurahan Sukorejo Kecamatan Lamongan, Pokdakan Kolowatu Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng, dan Pokdakan Budi Luhur Desa Simbatan Kecamatan Sarirejo.

Penyaluran bantuan pakan mandiri kepada Pokdakan juga disampaikan Bupati di Sumber Makmur 1 Desa Morocalan Kecamatan Glagah, dan Pokdakan Mina Kawal Desa Wedoro Kecamatan Glagah. Serta menyalurkan benih Kakap Putih kepada Pokdakan Mina Surya Desa Bedingin Kecamatan Sugio.

“Pertanian dan perikanan kita ini luar biasa. Perlu kita kombinasikan dan kita maksimalkan agar dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Lamongan,” jelas bupati Fadeli. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama