Warga Serbu Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Yang Sedang Bersihkan Lahan Tidur

SANGGAU (wartamerdeka.info) – Pos Berjongkong Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns diserbu warga Kampung Trans Berjongkong pada saat membersihkan lahan tidur, hal ini dilakukan oleh warga untuk turut serta membantu pembersihan lahan tidur di wilayah perbatasan yang akan dijadikan lahan sorgum.

"Penanaman Sorgum adalah salah satu produk unggulan dari Satgas Pamtas Yonif 643/Wns dikarenakan penanamannya yang mudah dan memiliki banyak manfaat," ujar Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P. dalam rilis tertulisnya di Kotis Entikong, Kab. Sanggau, Rabu (26/5/2021). 

Pembersihan lahan tidur ini awalnya dilakukan oleh Pos Berjongkong dipimpin oleh Danpos Letda Inf M. Aris, namun secara tidak terduga datang sekitar 25 orang warga yang dipimpin Salwa Sumantri selaku Ketua RT 07 kampung Trans dengan membawa alat berupa Cangkul, Parang, dan Sabit serta ibu-ibu PKK yang membawa bekal makanan dengan tujuan untuk membantu anggota Pos Berjongkong dalam membersihkan lahan tidur. 

Warga Kampung Trans, sangat menerima dan bangga serta berterima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan adanya kegiatan Pemberdayaan Lahan Tidur di Perbatasan untuk ditanami Program Pembibitan Sorgum, hal ini dikatakan oleh Bpk Salwa Sumantri selaku Ketua RT 07 Kampung Trans.

Dansatgas menjelaskan, sorgum sendiri adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. 

Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan kedelai. 

Sorgum termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan karena membutuhkan biaya perawatan yang termasuk murah dan bisa ditanam secara tumpangsari dengan padi gogo, kedelai, kacang tanah atau tembakau, ataupun ditanam secara monokultur. 

Dalam satu kali tanam, sorgum dapat dipanen lebih satu kali sehingga sorgum tergolong tanaman yang memiliki produktivitas yang tinggi. 

“Saya sudah memerintahkan kepada jajaran untuk segera melakukan inovasi di bidang pertanian yang dapat membantu masyarakat sekitar, salah satunya penanaman sorgum yang menjadi produk unggulan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns," tutup Dansatgas.

(Sumber: Pen Satgas 643/Wns)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama