Buka Bimtek Puskesos Dan SLRT, Ini Harapan Wabup Barru

BARRU (wartamerdeka.info) - Wakil Bupati Barru  Aska Mappe membuka secara resmi  acara Bimbingan Teknis Pembentukan Sumber Daya Manusia Pusat Kesejahteraan Sosial (Bimtek Puskesos)  dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Kabupaten Barru Tahun 2021. Acara tersebut berlangsung di Lantai 6 Gedung Tower MPP Kantor Bupati Barru, Kamis (24/6/2021). 

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Barru Dr. Abustan AB, Pihak Kementerian dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Disdukcapil Drs Nasrudin Muntaha ,Sekretaris Dinas Pendidikan Drs Mas'ud, Dinas Kesehatan,Para Kepala Desa /Lura se Kabupaten Barru dan Peserta Bimtek.

Wakil Bupati Barru Aska Mappe menyampaikan terima kasih kepada  Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan yang menyempatkan diri datang di Barru untuk kegiatan ini.

Dia memaparkan kondisiGeografis kabupaten Barru yang membentang sepejang 75 kilo meter dipantai barat Sulawesi Selatan. Barru merupakan daerah tiga dimensi yang terdiri dari pantai,  daratan rendah dan pegunungan. Daerah tempat kelahiran tokoh Pahlawan  Literasi Colly Pujie  terdapat berbagai destinasi wisata yang menakjubkan. 

"Jangan pulang dulu sebelum menikmati Pariwisata Barru.Disini ada beberapa tempat wisata  seperti Lappalaona ,Celebes Canyon dan Pulau Dutungen ,"ajak Aska Mappe. 

Terkait pelaksanaan Bimtek, mantan Wakapolres Polman Sulbar itu mengatakan  pelaksanaan Bimtek Puskesos dan SLRT  terus kami apresiasi. Karena melalui kegiatan ini masyarakat membutuhkan pelayanan publik termasuk pelayanan kesehjateraan sosial yang belum tertata baik sehingga harus cepat ,respontif dan terintegrasi.

Aska Mappe mengharapkan  pelayanan yang berbelit-belit sudah harus ditinggalkan. Diera digitalisasi saat semuanya serba cepat dan tepat.  Pelayanan  harus prima termasuk pelayanan kepada warga  miskin dan orang tidak mampu.

Apalagi lanjut dia,  dengan adanya Puskesos yang mempunyai fungsi sistem layanan dan SLRT yang mengidentifikasi keluhan layanan sosial segera direspon cepat ,

"Semoga dengan ini ,dapat  menjadi perhatian bagi kita semua terutama petugas Puskesos dan SLRT sehingga pelayanan sosial lebih baik lagi,"tandas Wabup mengakhiri sambutannya

Kepala Dinas Sosial Andi Makmun Aksa melaporkan   kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana telah diamanahkan dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 tahun 2018 tentang SLRT untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu. 

Kedua , Keputusan Dirjen Pemberdayaan Sosial Nomor 285/DPS.3/KPTS/06/2018 tentang Pelaksanaan SLRT untuk Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu. 

Ketiga Keputusan Dirjen Pemberdayaan Sosial Nomor 225/DYT.3/KPTS/03/2021 tentang Penetapan Lokasi Pelaksanaan Pusat Kesejahteraan Sosial. 

Keempat Peraturan Bupati Barru  Nomor 33 tahun 2019 tentang SLRT "Siamasei" Kabupaten Barru. Dan kelima Surat Dirjen Pemberdayaan Sosial RI nomor 1205/5.2/PR.04/06/2021 tentang Regulasi dan Bimtek SDM Puskesos dan SLRT Kabupaten Barru.

Mantan Kadis Dukcalil dan Asisten II Barru ini menambahkan,  Bimtek tersebut bertujuan untuk penumbuhan Pusat Kesehjateraan Sosial dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu.

Dua Desa ditetapkan sebagai lokasi Puskesos dan SLRT yaitu, Desa Palakka Kecamatan Barru dan Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja.  (hms/syam) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama