Tekan AKI, AKB Dan Stunting, Dinkes Kab Gorontalo Gelar Pertemuan Konvergensi Lintas Sektor

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Dalam rangka menekan angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Gorontalo diperlukan adanya kerjasama dan koordinasi antar lintas sektoral maupun lintas program.

Permasalahan mengenai AKI dan AKB di Kabupaten Gorontalo disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya stunting, Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), dan bayi  kurang gizi (gizi buruk).

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo melaksanakan  pertemuan konvergensi lintas sektor dan lintas program dalam rangka percepatan penurunan AKI dan  AKB dan stunting

Pertemuan itu, dibuka langsung Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo. Tampak hadir Wakil Bupati Hendra Hemeto, sejumlah OPD terkait serta para kepala Puskes Se Kabupaten Gorontalo. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Ibis Manado, Rabu (14/06/2021).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, pertemuan ini sangat strategis dalam rangka melahirkan program -program terobosan untuk menekan percepatan penurunan AKI dan  AKB dan stunting.

"Ini sangat penting karena kita punya target, apalagi di era pandemi Covid-19," Kata Nelson.

Sehingga kata Nelson, tak hanya OPD dan camat yang terlibat bahkan hingga kepala desa dan tenaga kesehatan di tingkat puskesmas.

Ia pun mengatakan, program percepatan penurunan AKI dan  AKB dan stunting sudah dimasukkan pada RPJMD Kabupaten Gorontalo. 

"Kolaborasi camat dan kades diharapkan sehingga ini menjadi indikator penilaian kinerja bagi mereka," ungkap Nelson.

Terkait stunting, Nelson pun sangat berbangga. Karena hingga saat ini terus mengalami penurunan. 

"Kita menjadi contoh, Pilot Project Nasional hal penurunan stunting. Saya pun sudah sering diundang sebagai pemateri dalam rangka memaparkan program strategis penurunan stunting di Kabupaten Gorontalo," pungkas Nelson.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Hendra menambahkan, seperti apa yang menjadi harapan Pak Bupati bahwa keterlibatan semua OPD dan camat sangat diharapkan.

"Saya selalh mengawal dan mengawasi. Dan program ini akan kami evaluasi, agar target percepatan itu terwujud," ucap Wabup.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama