Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Sidang Tahunan MPR Hanya Dihadiri 60 Orang Secara Fisik

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Rapat Gabungan (Ragab) Pimpinan MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD memutuskan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2021 tetap digelar pada hari Senin, 16 Agustus 2021. Namun berbeda dari biasanya, jumlah peserta yang hadir secara fisik dalam Sidang Tahunan dibatasi hanya sebanyak 60 orang.

“Mengingat kondisi pandemi Covid-19, Sidang Tahunan MPR digelar secara luring dan daring dengan durasi yang sesingkat-singkatnya,” kata Ketua MPR Bambang Soesatyo usai Rapat Gabungan Pimpinan MPR dan Pimpinan Fraksi serta Kelompok DPD di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/8/2021). 

Rapat Gabungan ini digelar terkait dengan persiapan Sidang Tahunan MPR dan peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-76 MPR RI.

Rapat Gabungan dihadiri secara fisik oleh Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid dan Arsul Sani, serta Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di antaranya Benny K Harman, Neng Eem Marhamah, Elnino M Hossein, Mujib Rohmat, Idris Laena, Instiawati Ayus, serta Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono. Rapat Gabungan juga diikuti secara daring oleh Pimpinan MPR lainnya, yaitu Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Lestari Moerdijat, Sjarifuddin Hasan, Zulkifli Hasan, Hidayat Nur Wahid, dan Fadel Muhammad, serta beberapa pimpinan fraksi.

Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, menjelaskan 60 orang yang hadir secara fisik adalah Presiden dan Wakil Presiden, Pimpinan MPR (10 orang) dan Ketua Fraksi/Kelompok DPD (10 orang), Pimpinan DPR (5 orang), Ketua Fraksi di DPR (9 orang), Pimpinan DPD (4 orang), Perwakilan sub wilayah (4 orang), pimpinan lembaga negara (Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, Ketua KY). Dari unsur pemerintah di antaranya Menteri Koordinator (Polhukam, PMK, Kemaritiman dan Investasi), Menteri Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Panglima TNI, dan Kapolri. Dua undangan lainnya adalah pembaca doa (Ketua MUI) dan pembaca doa pada Sidang RAPBN.

“Sementara 975 orang undangan akan mengikuti secara virtual, dan sebanyak 90 orang mengikuti secara streaming,” katanya. 

Undangan yang mengikuti secara virtual antara lain tiga mantan presiden, empat mantan wakil presiden, dua mantan ketua MPR, empat mantan ketua DPD, dan empat mantan ketua DPD. Hadir juga secara virtual sebanyak 540 anggota DPR dan 124 anggota DPD, 103 duta besar/perwakilan negara sahabat, 8 pimpinan BPK, 9 jajaran MA, 7 jajaran MK, 6 jajaran KY, dan 34 gubernur se-Indonesia.

Bamsoet menambahkan Sidang Tahunan MPR dimulai pada pukul 08.30 WIB. Kemudian Ketua MPR akan menyampaikan pidato pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersma DPR dan DPD oleh Ketua DPD. 

Setelah itu Presiden menyampaikan Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Selanjutnya Ketua DPD melanjutkan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2021. “Diharapkan pada pukul 12.00 WIB sudah selesai,” tuturnya.

“Masyarakat juga bisa menyaksikan Sidang Tahunan MPR melalui saluran TV nasional dan live streaming dari berbagai media sosial MPR RI. Kita manfaatkan teknologi informasi agar masyarakat dimanapun bisa mengikuti jalannya Sidang Tahunan MPR,” imbuhnya. (*)

Posting Komentar untuk "Sidang Tahunan MPR Hanya Dihadiri 60 Orang Secara Fisik"