Kejar Target Vaksinasi Lansia, Pemkab Purwakarta Integrasikan Pelayanan Posbindu

PURWAKARTA (wartamerdeka.info) - Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi lansia, PemKab Purwakarta akan mengintegrasikan kegiatan pelayanan Kesehatan dan Vaksinasi lansia di Pos Binaan Terpadu (Posbindu), hal ini dilaksanakan mengingat lansia adalah kelompok yang rentan terpapar penyakit termasuk pada penularan Covid 19.

Oleh karena itu Bupati Purwakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah meresmikan Empat Posbindu di Empat Desa yakni Desa Ciwareng, Desa Mulyamekar, yang berada di Kec.Babakan Cikao serta Desa Campakasari dan Desa Benteng di Kec. Campaka.

Kepada awak media, di sela peresmian Posbindu, Minggu (21/11/2021) Bupati Purwakarta, Hj.Anne Ratna Mustika mengatakan, Posbindu ini merupakan Posyandunya para lansia. Jadi Posbindu ini harus terintegrasi dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian dan mengakomodasi kebutuhan para lansia seperti kesehatan.

"Lansia ini dalam menjalani program vaksinasi sedikit berbeda. Jadi pentingnya edukasi kepada lansia, terutama masalah keamanan dan kehalalannya, sehingga lansia tidak perlu merasa takut karena vaksin ini akan memberikan kekebalan terhadap tubuh sehingga tidak mudah tertular Covid-19, dan kalaupun terpapar tidak akan memberikan gejala yang berat hingga menyebabkan kematian," kata Bupati Anne.

Bupati Anne mengajak semua pihak bersama-sama mengedukasi para lansia agar bersedia divaksinasi Covid-19. Tujuannya, supaya terbentuk herd immunity dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sekarang di Purwakarta  sudah Nihil

Megiatan percepatan vaksinasi di Posbindu ini diintegrasikan dengan kegiatan-kegiatan yang lain seperti sosialisasi kesehatan, serta kegiatan pemberdayaan masyarakat

"Vaksinasi sampai bulan ini sudah mencapai 60 persen lebih untuk vaksinasi lansia dan dosis 1 adalah 70 persen,Jadi kita akan terus mengintegrasikan kegiatan posbindu ini, sehingga percepatan vaksinasi segera mencapai target," pungkas Bupati Anne.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama