Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

 


 


MTQ V Nasional Korpri Resmi Dibuka Wakil Menteri Agama

KENDARI (wartamerdeka.info) - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Arena Utama MTQ Square Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ahad (14/11/2021) malam.

Pembukaan MTQ ke-5 Nasional Korpri ini berlangsung meriah diwarnai drama kolosal tentang kejayan Islam semasa Kerajaan Buton. Wamenag didampingi oleh Tuan Rumah Gubernur Sultra Ali Mazi, Wagub, Sekdaprov Sultra, Dirjen Dukcapil Kemendagri dan Ketua Korpri Zudan Arif Fakrulloh, serta segenap jajaran Forkompinda dan para pejabat eselon dua lainnya.

Pada kesempatan ini Wamenag Zainut Tauhid mengajak pada ASN anggota Korps Pegawai RI (Korpri) selalu meningkatkan  kualitas syukur kepada Allah SWT. 

"Hal ini sebagai bentuk kepatuhan atas perintahNya semoga bangsa Indonesia selalu diberikan kesehatan yang paripuna," kata Wamenag Zainut Tauhid.

Ketua Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, MTQ Korpri yang merupakan puncak peringatan HUT Emas Korpri ke-50 ini menjadi ajang silaturahmi antara ASN seluruh Indonesia.

Zudan minta para ASN bersatu sesuai dengan tema HUT Korpri ke-50: "ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh". 

"Jika ASN bersatu, Korpri nya kompak dan tangguh, maka Indonesia pun akan tumbuh maju. Bayangkan bila 4,2 juta ASN bersatu akan menjadi kekuatan pemikiran dan tindakan yang dahsyat demi menjaga Negara Kesatuan RI," kata Zudan.

Di kesempatan baik dalam naungan kalam illahi yang digemakan dalam MTQ Korpri, Prof. Zudan tak lupa mengajak hadirin anta lain sekitar 512 peserta dan 206 ofisial dari 34 provinsi dan 37 kementerian/lembaga untuk berdoa bersama di dalam lubuk hati untuk ASN dan tenaga kesehatan yang gugur dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Di akhir masa jabatannya yang diperpanjang satu tahun akibat wabah Covid-19, Zudan juga mohon pamit dari Kepengurusan DPKN Masa Bakti 2015-2021.

"Kami akan mengakhiri periode ini pada Februari 2021, dan paling lambat bulan Januari 2021 Korpri akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional untuk memilih pengurus yang baru. Untuk itu saya atas nama seluruh Dewan Pengurus Korpri Nasional

Periode 2015-2021 mohon pamit, mohon maaf atas semua kekurangan. Kami pun membuka pndaftaran untuk calon ketua umum yang baru," demikian pungkas Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Dalam sambutannya Tuan Rumah MTQ V Nasional Korpri, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan bahwa MTQ mwnghasirkan nilai univer dalam prose pembangnan daerah.

Gubernur Ali Mazi berharap kafilah Sultra yang terdiri 50 peserta mampu mendulang kembali prestasi nasional sebagai juara umum seperti pernah diraih pada MTQ Korpri Nasional ke-III di Samarinda, Kalimantan Timur.

Sementara itu Sekda Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan karena ini merupakan event nasional yang dihadiri ratusan orang, maka Pemprov Sultra akan menerapkan prinsip kehati-hatian guna mengantisipasi lonjakan Covid-19.

“Prokes tetap ditegakkan bagi setiap peserta yang menghadiri kegiatan, pada saat datang akan dites PCR dan rapid antigen,” tegasnya.

Untuk diketahui, MTQ khusus untuk para pegawai negeri sipil ini akan dilaksanakan di Kota Kendari hingga 20 November 2021.

MTQ yang dihadiri 109 kafilah ini juga akan memperlombakan 9 cabang yakni Cabang Tartil Al-Qur'an putra dan putri, Tilawah Al-Qur'an putra dan putri, Hafidz (hafalan) Al-Qur'an, Dakwah Al-Qur'an putra dan putri (Da'i dan Da'iyah).

Kemudian Khath Al-Qur'an Lomba Azan putra, Lomba Khotbah Jumat putra, Lomba Penulisan Artikel Al-Qur'an putra dan putri dan Cabang Lomba Doa putra.

Ke sembilan cabang lomba ini akan dilaksanakan di 9 lokasi, yakni kawasan tugu persatuan eks MTQ, Aula Masjid Raya Al Kautsar, Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq Ma'had Tahfizh Baitul Qur'an, Masjid Al Alam Kendari, Auditorium IAIN Kendari, Aula Perpustakaan IAIN Kendari.

Kemudian Aula Pancasila dan Aula Garuda LPMP Sultra, Aula Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra dan Gedung Cipta Pesona Dinas Pariwisata Provinsi Sultra. (R)

Posting Komentar untuk "MTQ V Nasional Korpri Resmi Dibuka Wakil Menteri Agama"