Pemkot Bekasi MOU Dengan Ombudsman RI Terkait Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

KOTA BEKASI (wartamerdeka.info) - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi hadir ke Ombudsman Republik Indonesia untuk melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) antara Pemerintah Kota Bekasi dengan Ombudsman RI mengenai pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik, Kamis (4/11/2021). 

Dari pihak Ombudsman diwakili oleh anggota Ombudsman, Heri Susanto.

Nota kesepahaman ini meliputi kegiatan sebagai berikut :

1. Percepatan penanganan dan penyelesaian laporan masyarakat terkait dugaan mal administrasi.

2. Kepatuhan terhadap ketentuan dan pencegahan mall administrasi

3. Pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pihak kedua,

4. Pertukaran informasi atau data,

5. Peningkatan dan pengembangan kompetisi sumber daya manusia terkait penyelenggaraan pelanggan publik

6. Pendampingan secara berkala dalam penyelenggaraan pelayanan publik

7. Kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak 

MoU ini ditandatangani oleh pihak ke-1 Muhammad Najih selaku ketua Ombudsmen RI yang diwakilkan oleh Heri Susanto anggota Ombudsmen RI, dan pihak kedua Rahmat Effendi, Wali Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi mengatakan,  ini merupakan sesi yang bersejarah bagi Ombudsman dan, khususnya Pemerintah Kota Bekasi yang hari ini bersama-sama melakukan MoU terkait hal-hal strategis mengenai agenda penyelesaian laporan pencegahan dan monitoring terkait dengan masalah administrasi.

“Ucapan terima kasih kepada Ombudsman yang menyepakati mengenai pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Bekasi, agar kami betul-betul memaksimalkan pelayanan di lingkungan pemerintah Kota Bekasi, sesuai harapan seluruh masyarakat," ujar Rahmat Effendi.

MoU ini diawali dari  kedatangan Heri Susanto ke kantor Wali Kota Bekasi, dan ditindaklanjuti oleh  Wali Kota datang ke kantor pusat Ombudsman.

Heri Susanto selaku perwakilan dari  Ombudsman RI menyatakan, MoU yang dilakukan pada hari ini adalah bagian dari hasil kunjungan kerjanya selaku pengampu Ombudsman wilayah beberapa waktu lalu  ke Kota Bekasi, bertemu walikota, DPRD dan jajaran Stakeholder lainnya.

"Kunjungan kerja tersebut membuahkan satu respon yang menurut saya sangat luar biasa dan sudah dikukuhkan dengan MoU yang tadi sudah kita saksikan bersama. Semoga MoU tersebut tidak saja dalam ranah seremonial tetapi juga pada aksi-aksi nyata sebagaimana yang diharapkan oleh pimpinan Ombudsma,” kata Heri Susanto. (Tyo) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama