Membanggakan... Dirjen Bina Pemdes Ungkap Sejumlah Pemdes Sudah Laksanakan Pilkades Berbasis e-Voting

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengatakan, tidak sedikit pemerintah desa (pemdes) yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan menerapkan sistem pemungutan suara berbasis elektronik atau e-voting. 

Sistem tersebut diterapkan sebagai upaya memperbaiki sekaligus meningkatkan proses demokrasi di tingkat desa. 

Hal itu disampaikan Yusharto saat menjadi narasumber dalam Podcast Bikin Bangga Indonesia yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Kamis (27/1/2022). 

Yusharto menuturkan, e-voting merupakan sistem digital yang dapat digunakan mulai dari tahap pembuatan surat suara, pengiriman, pemungutan suara, penghitungan, hingga tabulasi ke pusat data. 

Di samping itu, sistem e-voting ini menjadi investasi bagi pemerintah daerah (pemda) dalam menjalankan proses Pemilu berbasis digital. 

Pada 2022, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemdes akan terus menyosialisasikan dan mengajak pemerintah kabupaten/kota hingga provinsi menerapkan sistem e-voting. 

"Mudah-mudahan ada replikasi ke kabupaten-kabupaten lain," ujar Yusharto. 

Selain penerapan e-voting, dalam kesempatan itu Yusharto juga menjelaskan pentingnya data kependudukan dalam mendukung proses perencanaan pembangunan di desa. Hal itu termasuk dalam memanfaatkan potensi dan mengatasi permasalahan di tingkat desa. Karena itu, dibutuhkan data yang valid, lengkap, dan berkelanjutan. 

Tak hanya itu, Yusharto juga menjelaskan bagaimana upaya Ditjen Bina Pemdes dalam mendukung pembangunan di desa. Misalnya, mewadahi pengaduan masyarakat atau perangkat desa yang mengalami kendala dalam mengoperasikan sistem penyelenggaraan pemerintahan desa. 

"Kami melakukan pendampingan melalui call center WA. Contohnya soal jalan desa, penggunaan dana desa, dan lain-lain," ujarnya. 

Ditjen Bina Pemdes juga getol melakukan pendampingan langsung ke sejumlah desa. Menurutnya, terjun ke lapangan merupakan cara solutif agar kebijakan dapat tepat sasaran. 

"Kalau bisa dijangkau, kami akan menindaklanjuti ke lokasi (desa)," ujarnya. 

Sebagai informasi, Podcast BPSDM dengan tagline “Bikin Bangga Indonesia” merupakan salah satu rangkaian kerja program BPSDM TV. Kegiatan tersebut menjadi wadah bagi masyarakat, khususnya aparatur sipil negara (ASN) agar termotivasi dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Untuk mengetengahkan berbagai sudut pandang, acara ini pun menghadirkan berbagai narasumber yang mumpuni di bidangnya. (A)

Posting Komentar untuk "Membanggakan... Dirjen Bina Pemdes Ungkap Sejumlah Pemdes Sudah Laksanakan Pilkades Berbasis e-Voting"