Pemkab Gorontalo Terima Penghargaan Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional

LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menerima Penghargaan Tropi dan Piagam Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021, kategori Pelayanan Perpustakaan Inklusi Literacy khususnya pelayanan bagi masyarakat.

Penghargaaan tersebut diterima langsung Bupati Gorontalo, Prof Nelson Pomalingo di Aula Rudis Bupati Kamis (13/01/2021). Turut disaksikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gorontalo Dr. Yahya Podungge bersama Sekretaris Dinas, Kabid bersama jajarannya.

Bupati Nelson mengungkapkan,   salah satu program unggulan Kabupaten Gorontalo adalah sumber daya manusia (SDM). Maka perpustakaan menjadi utama untuk dikembangkan dari tingkat kabupaten, desa maupun sekolah melalui binaan Dinas Perpustakaan.

Menurut Nelson dalam lomba perpustakaan,  pada beberapa tahun yang lalu, Kabupaten Gorontalo juga pernah meraih peringkat tiga nasional. 

"Bagi kami perpustakaan desa sudah bergerak sejak awal, mulai dari pengembangan SDM berbasis desa. Desa bergeliat tidak sekedar pembangunan fisik namun non fisik sudah dilakukan, " ujar Nelson.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Dr. Yahya Podungge mengatakan, penghargaan ini dalam rangka program perpustkaan berbasis inklusi literasi, yaitu layanan berbentuk jemput bola, artinya pepustakaan tidak hanya  di ibu ota kabupaten. Namun juga di setiap desa.

"Nah, inilah yang menjadi program Kabupaten Gorntalo di bawah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipaan, sehingga di seluruh desa sudah terjangkau oleh layanan inklusi sosial tersebut," kata Yahya.

Lanjutnya bahwa di Kabupaten Gorontalo ada lima desa menjadi pilot projek program inklusi literasi. Lima desa tersebut sudah menerima bantuan dari Pepustakan Nasional. 

"Ini bisa berimbas kepada  perpustakaan desa lainnya, bahwa inklusi literasi  bermanfaat untuk menciptakan masyarakat cerdas di Kabupaten Gorontalo. (Irf)  

Posting Komentar untuk "Pemkab Gorontalo Terima Penghargaan Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional"