Anggota DPR Hasnah Syam Bersama BB POM Sosialisasi Obat, Makanan Pada Penggiat PAUD

BARRU (wartamerdeka.info) - Anggota Komisi IX DPR RI fraksi Partai NasDem, drg. Hj. Hasnah Syam MARS., bekerjasama Balai Besar Pengawasan Obat Makanan (BB POM) Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi Obat dan Makanan, di Gedung PKG Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja, Jumat  (25/2/2022).

Dalam sambutannya, Hasnah Syam yang juga Bunda PAUD Barru mengatakan, sosialisasi ini adalah yang pertama di tahun 2022. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait makanan, obat yang layak dikomsumsi serta penggunaan kosmetik yang aman bagi kesehatan.

"Khusus untuk kosmetik terkadang ibu-ibu ingin terlihat cantik sehingga mengabaikan aturan kesehatan dan menggunakan kosmetik yang tidak aman. Sehingga dalam sosialisasi ini diharapkan ibu-ibu memahami obat makanan dan kosmetik yang aman untuk digunakan," ujarnya.

Lebih lanjut Isteri H. Suardi Saleh,  Bupati Barru dua periode ini menjelaskan bahwa yang hadir pada kegiatan sosialisasi hari ini adalah para penggita PAUD karena sebagaimana diketahui Guru PAUD bersentuhan langsung dengan anak-anak. Oleh karena itu, Guru PAUD memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada para orang tua terkait makanan sehat dan layak komsumsi bagi anak-anak.

"Penggiat PAUD akan menjadi perpanjangan tangan BB POM dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang makanan, obat dan Kosmetik yang aman dan layak komsumsi," pungkasnya.

Hasnah yang juga TP PKK Barru berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Barru dr. Amis Rifai mewakili Bupati dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota DPR RI yang telah mengadakan sosialisasi KIE di Kabupaten Barru.

Menurut Plt. Direktur RSUD Barru ini, dengan adanya sosialisasi ini, akan menambah pengetahuan masyarakat dan sekaligus mengurangi tanggung jawab aparat di Dinas Kesehatan.

"Penyuluhan ini penting karena banyak sekali masyarakat kita yang menjadi korban kosmetik diakibatkan karena ketidak tahuan terkait jenis kosmetik yang berbahaya. Maka melalui sosialisasi ini semua akan terbuka mana yang layak dan mana yang tidak layak digunakan," ungkap dr. Amis.

Sementara itu Kepala Balai Kepala BBPOM Makassar Hardaningsih A.Pt. MHSM., mengatakan bahwa masyarakat harus diberdayakan, salah satunya melalui Sosialisasi KIE Obat, Obat Tradisional, Makanan dan Kosmetik.

"Sosialisasi ini akan memberikan Informasi pengetahuan tentang bagaimana memilih obat, makanan dgan kosmetik yang aman untuk digunakan," tambah Hardaningsih.

"Hati hati memakai kosmetik karena beberapa pengujian yang kami lakukan mengandung mercury yang dampaknya berbahaya pada kesehatan kulit," tambahnya.

Sosialisasi ini dihadiri, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Barru Syahrul Ramdani, ST. , Kepala BB POM Perwakilan Sulsel, Hardaningsih A.Pt. MHSM, Ketua IGTKI Barru, Dra. Hj. Fatmawati M.Pd., Kadis Kesehatan mewakili Bupati Barru, dr. Amis Rifai, Camat Soppeng Riaja, Charly S. Fitcher S.STP. M.Si., Camat Balusu, Andi Ika Syamsu Alam S.STP. M.Si., para Pengurus PKK Barru dan para Penggiat PAUD Kecamatan Soppeng Riaja dan Balusu.

(Ahkam/syam)

Posting Komentar untuk "Anggota DPR Hasnah Syam Bersama BB POM Sosialisasi Obat, Makanan Pada Penggiat PAUD"