Kejurda Renang Perairan Terbuka Jatim Dihelat Di Lamongan

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -Pasca Pengkab PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) dikukuhkan di Lamongan, Sabtu (19/3), Kabupaten Lamongan kali pertama diamanati sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejurda (Kejuaraan Daerah) renang Jawa Timur tahun 2022. 

Kejurda digelar pada 19 dan 20 Maret di WBL (Wisata Bahari Lamongan) ini adalah kejuaraan cabang olahraga renang di perairan terbuka.

Bupati Yuhronur Efendi, merasa bangga karena Lamongan  dipercayai menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dalam kejurda renang Jatim tahun 2022. 

Adanya event besar yang dihelat di Lamongan ini, diharapkan menjadi pemicu terselenggaranya event-event besar lainnya, dan menjadikan Lamongan sebagai bagian dalam kebangkitan olahraga nasional, utamanya olahraga renang.

"Pada sore hari ini kita akan memulai sebuah momen dan event penting, yakni kejuaraan open water swimming atau renang di perairan terbuka. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Lamongan yang pada kesempatan ini menjadi tuan rumah, dan tentu ini adalah kejuaraan yang pertama yang diselenggarakan di Kabupaten Lamongan. Mudah-mudahan ke depan akan ada event yang lebih besar lagi dan ini dapat menjadi event tahunan, sehingga akan terus membawa Lamongan menjadi bagian dalam kebangkitan olahraga Nasional khususnya olahraga renang," ucap Pak Yes.

Dia juga mengungkapkan bahwa dirinya tengah berusaha membuka dan memperbaiki fasilitas olahraga di Kabupaten Lamongan. Hal tersebut dilakukan sebagai usaha Lamongan untuk melahirkan atlet-atlet olahraga yang berprestasi.

"Kita bertekad agar seluruh cabang olahraga baik yang populer atau bahkan yang tidak populer sekali pun semuanya dapat merata di Lamongan, dan Lamongan dapat melahirkan serta menyumbangkan atlet-atlet asli dari putra daerah Lamongan dengan skala nasional maupun internasional," tambahnya.

Reswanda Ketua Umum Pengprov PRSI Jatim mengatakan Lamongan memiliki potensi luar biasa karena memiliki beberapa kolam-kolam terlindung. 

"Kalau di Lamongan ini kita baru pertama kali menghelat kejurda renang, selama ini kita biasanya di Situbondo. Jadi saya pikir kalau kita lihat ke Lamongan mempunyai potensi yang sangat luar biasa, karena ada beberapa kolam-kolam yang terlindung. Nanti kita akan coba buat semi mini OWS (Open Water Swimming) untuk pembinaan atlet usia dini," katanya.

Selain itu dilaporkan Ketua Umum Pengkab PRSI Lamongan Laily Indayati, bahwa Kejurda Renang Perairan Terbuka Jatim 2022 yang digelar di Lamongan ini diikuti oleh 79 atlet dari 11 kabupaten/kota di Jatim, dengan nomor yang dilombakan yakni renang 5000 meter putra-putri, renang 3000 meter putra-putri, dan renang 2000 meter putra-putri. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama