Kesbangpol Kab Lampung Utara Memiliki Peran Penting Dalam Sistem pemerintahan

LAMPUNG UTARA (wartamerdeka.info) -  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memiliki peran penting dalam sistem pemerintahan. Secara umum badan Kesbangpol merupakan unsur pelaksana urusan pemerintah bidang kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, yang dipimpin oleh kepala badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada bupati melalui sekretris daerah.

Badan Kesbangpol bertugas membantu bupati dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kesatuan bangsa dan tugas dekonsentrasi dan tugas pembantuan yang diberikan pemerintah kepada bupati serta tugas lain sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu badan Kesbangpol juga mempunyai kewenangan dalam merumuskan kebijakan teknis di bidang Kesatuan Bangsa dan Politik, Memberikan dukungan atas penyelenggaraaan pemerintahan daerah di bidang Kesatuan Bangsa dan Politik, Membina dan melaksanakan tugas dibidang Kesatuan Bangsa dan politik, dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan bupati di bidang kesatuan bangsa dan politik, serta memberikan pelayanan administratif kepada organisasi-organisasi yang berdomisili di wilayah setempat. 

Tentunya di dalam sebuah instansi pemerintahan memiliki struktur organisasi kepengurusan mulai dari kepala badan, sekretaris hingga bidang-bidang yang memiliki tugas dan fungsi sesuai bidangnya masing-masing. Berkaitan dengan badan Kesbangpol lampura ini kepengurusan nya di isi oleh pegawai aparatur sipil negara (ASN) hingga tenaga honorer yang membantu untuk memaksimalkan kinerja instansi. 

Seperti halnya yang dilakukan Hatamu, S. Sos selaku ASN yang menjabat sebagai Kasubbid pembinaan karakter bangsa yang bernaung dalam instansi badan Kesbangpol Kabupaten Lampung Utara (Lampura). 

Hatamu melaksanakan tugas pengumpulan data di lapangan pada saat berlangsungnya aksi yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat pada Senin (30/5) kemarin. Pengumpulan data tersebut dilakukan bertujuan untuk laporan kepada kepala instansi terkait. 

"Kemarin saya bersama para staf turun lapangan dalam pelaksanaan kegiatan aksi masyarakat, kita memantau perkembangan situasi di lapangan, Alhamdulillah sampai dengan selesai kegiatan aksi berjalan lancar," ungkap Hatamu kepada media ini. Rabu (1/6/2032). 

Menurutnya instansi tempat ia bernaung serta jabatan yang diembannya memiliki tanggung jawab yang mesti dijalankan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang berlaku. 

"Kita menjalankan tugas dan fungsi sesuai jabatan demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yang demokratis dan kondusif di Kabupaten Lampung Utara," pungkas Hatamu.(yoke)

Posting Komentar untuk "Kesbangpol Kab Lampung Utara Memiliki Peran Penting Dalam Sistem pemerintahan"