Dirjen Dukcapil Pimpin Pencanangan Data Kependudukan Penyandang Disabilitas

Kadis Dukcapil Kab. Barru Ikuti Secara Virtual Di Halaman Sekolah UPT SLB Negeri Barru

MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Pencanangan Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disibilitas melalui pendataan, perekaman dan penerbitan Dokumen Kependudukan (Biodata, KTP-EL, Akta Kelahiran dan Kartu Identas Anak) berlangsung Rujab Gubernur Sulsel, jln S. Tangka Makassar, Jumat  (29/7/2022).

Acara ini diikuti oleh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se- Sulawesi, sementara dinas  Dukcapil Kab. Barru mengikuti secara virtual di halaman sekolah UPT SLB Negeri Barru.

Staf Khusus Kepersidenan Angkie Yudistia melalui virtual mewakili Presiden Jokowi sekaligus mewakili penyandang Disibilitas, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dukcapil Kabupaten/Kota se-Sulawesi atas kerja kerasnya dalam pelayanan administrasi Kependudukan khususnya bagi Penyandang Disabilitas.

Atas nama pemerintah Republik Indonesia  menyampaikan terima kasih dan Apresiasi kepada Pemerintah Provinsi se Sulawesi terkhusus kepada Dukcapil Kabupaten/Kota karena sangat konsisten melakukan pendataan dan perhatian terhadap penyandang disabilitas.

Disaksikan oleh seluruh sekolah Luar Biasa (SLB) seluruh Sulawesi, Angkie Yudistia memberikan semangat dan inspirasi kepada seluruh siswa SLB.

"Saya berharap jangan malu mencantumkan data diri anda sebagai penyandang Disabilitas di kartu identitasnya, buktinya saya juga adalah penyandang Disabilitas tapi bisa berbuat untuk bangsa dan negara," ungkap Angkie yang juga politikus dari salah satu Partai Politik 

Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan terima kasih kepada seluruh OPD, terkhusus Dukcapil se Sulawesi atas perhatiannya terhadap penyandang disabilitas. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur dan seluruh Kepala OPD dan terkhusus Dukcapil  di seluruh Sulawesi yang sangat perhatian terhadap penyandang disabilitas," ujar dia. 

Diingatksn, dasar dari semua administrasi adalah data kependudukan yang dikelola oleh Dukcapil.

Dirinya mengajak kepada jajaran Dukcapil untuk  bergerak bersama. Saat ini masyarakat sudah paham akan pentingnya memiliki KTP-el sebagai dokumen dasar untuk memperoleh pelayanan publik lainnya.

Namun lanjut dia, untuk KIA, masyarakat masih perlu dorongan, agar buah hatinya punya kartu identitas anak itu,  mengingat KIA sama pentingnya dengan KTP-el untuk orang dewasa.

"Penyandang Disibilitas adalah salah satu yang perlu kita berikan perhatian khusus agar tetap punya kesempatan dan hak yang sama seperti anak anak kita yang lain," tegas Dirjen Dukcapil.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaeman mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan kreatifitas Dukcapil  khususnya di Sulawesi selatan. Dengan perkembangan teknologi sekarang tinggal membuka aplikasi Identitas Kependudukan Dukcapil yang dibangun oleh Dukcapil pusat, maka semua identitas keluarga dan lainnya akan muncul termasuk data Vaksinasinya.

Kalau Aplikasi ini sudah dipakai oleh seluruh masyarakat kita maka identitas kependudukannya sudah bisa diakses melalui android dan ini jelas penghematan juga efektif.

Andi Sudirman Sulaeman mengingatkan tentang Penyandang Disabilitas, Allah pasti memberikan kelebihan diantara kekurangannya, maka dirinya berharap penyandang Disabilitas mendapat fasilitas dan perhatian khusus, utamnya pelayanan kesehatan. 

"Disamping itu, kita berada di negara yang administratif maka saya harapkan kepada seluruh Dinas Dukcapil agar terus bekerja dalam pelayanan administrasi Kependudukan," kata Gubernur.

Jangan membiasakan menyederhanakan administrasi, dalam artian seadanya, lakukan pendataan yang akurat cepat dan update.

"Biasakan memberi contoh, jangan sekedar jadi contoh, ini adalah sangat penting bagi seluruh ASN dan terkhusus kepada ASN Dukcapil seluruh Sulawesi Selatan" tegas Andi Sudirman.

Kadis Dukcapil Kabupaten Barru, Nasaruddin, S.IP, M.Si menyampaikan bahwa Kabupaten Barru dalam pelayanan kepada anak didik khususnya Sekolah Dasar telah bekerja sama dengan semua sekolah dalam penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Khusus anak didik penyandang disabilitas langsung jemput bola dengan mendatangi langsung sekolahnya melakukan pendataan. 

Pendataan jemput bola ini telah  dilakukan jauh sebelum Pencanangan yang dilaksakan hari ini dengan memberikan Kartu Kependudukan seperti Akta Kelahiran dan Kartu identas lainnya

"Untuk memudahkan pendataan penyandang Disabilitas ini, kami dari Dukcapil Kabupaten Barru bekerja sama dengan tenaga pengajar untuk mendampingi para siswanya," terang Nasaruddin

Dalam launching hari ini, Dukcapil menerbitkan langsung Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 29 kartu dari 66 siswa yang terdaftar, sisanya telah diserahkan sebelum acara ini digelar.

KIA diserahkan langsung oleh Sekretaris Dukcapil Ardi, didampingi Kabid Piak Akhmad dan Kabid Dafduk Nurmayasari mewakili Kadis Dukcapil yang mengikuti acara tersebut di Kantor Gubernur Sulsel.

Kepala Sekolah UPT SLB Negeri 1 Barru Rosmala Dewi ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Dukcapil atas perhatian dan kerjasamanaya kepada anak didik.

"Doakan kami agar bisa memberikan yang terbaik kepada anak didik kami, karena ini adalah amanah dari negara dan Allah SWT," katanya.

(ARMSyam)

Posting Komentar untuk "Dirjen Dukcapil Pimpin Pencanangan Data Kependudukan Penyandang Disabilitas"