Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Studi Tiru BLUD Pemprov Sulbar, Ke Provinsi Jawa Timur Dan Pulau Dewata Bali, Sukses

Jumat, Desember 16, 2022, Desember 16, 2022 WIB Last Updated 2022-12-16T11:40:11Z

BALI (wartamerdeka.info) - Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. H. M. Natsir, MM. yang juga adalah Inspektur pada Inspektorat Provinsi Sulawesi Barat telah melahirkan segudang program yang Edukatif, dan Visioner. Semua Program yang digagasnya mendapat apresiasi dan acungan jempol dari berbagai pihak.

Salah satu gagasannya yang terkini adalah Studi Tiru BLUD Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama sejumlah Kepala SMK ke Provinsi Jawa Timur dan Pulau Dewata Bali, 12-17 Desember 2022. 

Kunjungan diawali ke SMKN 5 Kaliber 55 Jember, kemudian ICCRI- PUSLITKOKA Jember. dan lanjut berwisata ke Jatim Park I Batu Malang.

Dari "Jatim Park I Batu Malang". Tim Studi Tiru BLUD Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama sejumlah Kepala SMK, menuju Pulau Dewata Bali.  

Jumat pagi, 16 Desember 2022, tiba di Denpasar Bali. Travel Setia Budi Luhur (SBL) sebanyak 2 unit Bus Pariwisata dengan pelayanan prima, setia pula mengantar customernya langsung berkunjung ke beberapa Destinasi Wisata antara lain : Tanah Lot, Pantai Sanur, dan Pantai Kuta.

Selanjutnya menuju Hotel Vasini Denpasar untuk istirahat dan melaksanakan Sholat Jumat. 

Siang hari usai ISHOMA, Tim Studi Tiru BLUD Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, secara lengkap terdiri dari Staf Ahli Bidang Ekbang Pemprov. Sulbar, H. Ince Rahmat, SE, M.Si. Kepala Biro Ekbang. H. Masriadi Nadi Atjo, SE. M.Si., Kabag BUMD dan BLUD Biro Ekbang, Djamaluddin, S.Pd. M.AP, Sub Koordinator BLUD, H. Budianto, SE serta Kepala Bidang PSMK, Irham Yakub, S.Sos. M.Si. mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Cabang Dinas Wilayah I, Roslina, S.Pd., MM., dan 50 orang Kepala SMK se-Sulawesi Barat, menuntaskan kunjungannya bertandang ke SMKN 3 Denpasar.

Tim Studi Tiru BLUD PEMPROV. SULBAR

Drs. Anak Agung Bagus Wijaya Putra, M.Pd. selaku Kepala Sekolah bersama Guru, Staf Pegawai dan warga SMKN 3 Denpasar menyambut dan menerima Tim Studi BLUD di ruang Bangquet Edotel Hotel sekolahnya.

Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 WITA, dan diawali dengan  pengantar kata dari Kepala SMKN 3 Denpasar. 

Drs. Anak Agung Bagus Wijaya Putra, M.Pd. 

Dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat, syukur, senang, bahagia dan bangga menerima tamu kehormatan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 50 orang Kepala SMK yang dikawal langsung oleh Staf Ahli Bidang Ekbang dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat diwakili Kepala Bidang PSMK, Irham Yakub,  S.Sos. M.Si. selaku Koordinator Tim (Kortim). 

Selanjutnya, Anak Agung Bagus Wijaya Putra,  menyampaikan bahwa sekolah ini berdiri 1975 dengan nama SMTK, namun berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor : 036/0/1997 tanggal 7 Maret 1997 tentang Perubahan SMTKN menjadi SMK, maka SMTK Negeri Denpasar ditetapkan menjadi SMK Negeri 3 Denpasar dengan membina  empat Program Keahlian : Tata Busana, Tata Kecantikan, Jasa Boga, Akomodasi Perhotelan. Jumlah Peserta Didik 1.250 orang.

Sumber Dana ; BOS, BOP Pemprov, dan Masyarakat

Plt. Kadis Dikbud Prov. Sulbar, Drs. H. M. Natsir, MM.

Adapun Visi Sekolah ini : 

"Menjadi Sekolah Unggul, Sehat, Bermutu, Lulusan berwawasan lingkungan, Profesional, Profile Pelajar Pancasila, Siap Berwirausaha, Bekerja, Melanjutkan Pendidikan".

Misi :

1. Meningkatkan budaya  kerja unggul, kompetitif dan berkarakter agar berpeluang mengisi pasar kerja nasional  maupun internasional.

2. Meningkatkan kemampuan dan jiwa kewirausahaan, komunikatif, berpikir kritis dan pemecahan masalah agar mampu berkiprah di kancah global.

3. Meningkatkan perluasan kerjasama sekolah dengan industri/institusi yang relevan baik dalam  maupun luar negeri.

4. Mengimplementasikan kurikulum “merdeka  berbagi” dengan proses pembelajaran berbasis  industry, berpusat pada siswa dan berwawasan lingkungan.

5. Memfasilitasi  pengembangan bakat  dan minat siswa melalui  kegiatan ektrakurikuler  yang berorientasi  prestasi.

Tujuan :

1. Terciptanya budaya kerja unggul, kompetitif   dan berkarakter untuk mengisi pasar kerja  nasional maupun internasional.

2. Terwujudnya  kemampuan dan jiwa   kewirausahaan,  komunikatif, berpikir  kritis dan pemecahan masalah agar mampu  berkiprah di kancah global.

3. Terciptanya perluasan kerjasama sekolah  dengan industri institusi yang relevan baik dalam maupun luar negeri, guna  mengoptimalkan peran industri dalam proses pembelajaran praktek.

4. Terimplementasikannya kurikulum “merdeka  berbagi” dengan proses  pembelajaran berbasis industri, berpusat pada siswa dan berwawasan lingkungan, guna menghasilkan siswa yang kompeten dan unggul.

5. Lahirnya prestasi di berbagai bidang melalui program  pengembangan bakat dan minat siswa.

Nilai-Nilai yang ditanamkan :

1. Disiplin, loyal, dan berdedikasi Produktif, kreatif, inovatif

2. Jujur, transparan,  tanggungjawab,  partisipatif,  kebersamaan dan kekeluargaan

3. Cepat, tepat, bermutu, bahagia, pelayanan  prima

4. Peduli lingkungan

Kabid PSMK. Irham Yakub, S.Sos. M.Si.

Usai acara penerimaan, Staf Ahli Bidang Ekbang Pemprov. Sulbar,  H. Ince Rahmat, SE, M.Si. didampingi sejumlah Pejabat lainnya dari Pemprov. Sulbar menyerahkan Cendramata kepada Kepala SMKN 3 Denpasar sebagai ucapan  terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang hangat dan luar biasa ini terhadap Tim Studi Tiru BLUD dari Pemprov. Sulbar. 

Ada yang menarik, dan tak dinyana oleh semua audience yang hadir dalam ruangan Bangquet Edotel Hotel yaitu, tampilnya Kepala SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju, anggota Tim Studi Tiru SMK BLUD, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd., didampingi Drs. Sirajuddin, M.Pd. mantan siswanya di SMA PGRI Polewali tahun 1987 lalu, juga Ketua MKKS-SMK Provinsi Sulawesi Barat, dan kini Kepala SMK Negeri Sulbar. Diketahui sekolah ini tahun 2015 - 2018 dipimpin oleh Sjahrir Tamsi. Kolaborasi Guru dan Siswa menyerahkan Cendramata yang sengaja dibawa dari SMKN 1 Tapalang Barat berupa plakat " Perahu Sandeq" yang sangat elegan motif dan bentuknya, Perahu Sandeq berlayar dengan  konfigurasi warnah merah dan bergaris putih, dari corak Sarung Sutra Mandar.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke masing-masing unit kerja dan meninjau sarana dan proses pembelajaran yang ada di SMKN 3 Denpasar.

Selanjutnya menjelang petang, Tim Studi Tiru BLUD Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama 50 orang Kepala SMK kembali ke Hotel Vasini beristirahat untuk mempersiapkan diri pulang ke Mamuju, Sabtu esok, 17 Desember 2022.  Semoga hasil yang diperoleh dari Studi Tiru BLUD ini, berkah dan amanah, untuk ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat agar segera mengakselerasi SMK yang ada di Provinsi ini menjadi SMK BLUD tahun 2023.

(Sjahrir Tamsi)

Iklan4

 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...