1.422 Anggota PPS Lamongan Dilantik


LAMONGAN (wartamerdeka.info) -Pemilihan Umum (Pemilu) serentak akan digelar pada 7 Februari 2024 mendatang, kini telah memasuki proses pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap daerah, tak terkecuali di Kabupaten Lamongan. Sebanyak 1.422 anggota PPK Kabupaten Lamongan dilantik dan diambil sumpah/janji untuk melaksanakan tugasnya menjadi panitia Pemilu yang tersebar di 474 desa/kelurahan di Lamongan.


Di hadapan seluruh anggota PPS Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan  agar PPS menjadi seperti udara yang selalu ada dimana-mana tanpa membedakan tempat dan golongan/kelompok.


“Sebagai lapisan penyelenggaraan pemilu yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, PPS jadilah seperti udara yang selalu ada di mana-mana tanpa membedakan tempat dan golongan atau kelompok. Tentu PPS dituntut untuk selalu hadir dan memberikan literasi Pemilu yang baik kepada seluruh masyarakat di desa-desa yang bersangkutan,” kata Pak Yes pada acara Pelantikan & Pengucapan Sumpah/Janji Anggota PPS untuk Pemilu 2024 di Lamongan Sport Center, Selasa (24/1/2023).


Meski demikian, lanjut Pak Yes, anggota PPS Kabupaten Lamongan yang dalam pelaksanaannya dibantu tiga pilar (Pemerintah Kecamatan, TNI dan Polri) diyakini dapat menjaga cita-cita demokrasi dan pelaksanaan pemilu berjalan sukses.


“Saya meyakini penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Lamongan akan berjalan lancar, apalagi anggota PPS yang baru saja di lantik dengan karakter masyarakat Lamongan yang megilan dapat menjaga cita-cita demokrasi dan tren pelaksanaan pemilu yang sudah baik di Kabupaten Lamongan. Dengan kerjasama dan kolaborasi yang baik antara perangkat desa, tokoh masyarakat dan didukung oleh tiga pilar (Kecamatan, TNI dan Polri) stabilitas masyarakat desa dapat terjaga dengan baik selama proses dan pelaksanaan Pemilu berlangsung,” imbuhnya.


Sementara, untuk Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilu, diharapkan KPU semakin masif dalam menyuguhkan profil Pemilu berbasis digital yang dapat diakses seluruh masyarakat. “Di era yang sedang gencar-gencarnya teknologi informasi seperti sekarang ini, Sudah saatnya KPU, PPK dan PPS menyuguhkan profil pemilu di Lamongan ini yang berbasis digital dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat luas, sehingga Pemilu 2024 di Kabupaten Lamongan semakin berkualitas, partisipasi masyarakat meningkat dan hasilnya mendapat dukungan yang luas dari masyarakat.” terangnya.


Ketua KPU Lamongan Makhrus Ali, sebut untuk mencapai kesuksesan Pemilu 2024, diperlukan PPS yang memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya, pemahaman terhadap peraturan perundang- undangan dan kemampuan untuk melibatkan peran serta masyarakat. untuk itu Beliau berpesan anggota PPS harus bekerja secara profesional dan tetap menjaga integritas dan profesionalitas.


“Anggota PPS harus memantapkan niat dan tekad dengan disertai bekal pengetahuan serta keterampilan, untuk dapat melaksanakan tugas sebagai PPS sesuai dengan ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang ada. Setelah pelantikan, semua anggota PPS saya harap segera melakukan koordinasi dengan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, desa maupun pihak terkait,” pungkasnya. (Mas) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama