Polresta Mamuju Berkolaborasi dengan SMKN 1 Tapalang Barat Selenggarakan Sosialisasi Safety Riding, Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini


MAMUJU (wartamerdeka.info) - Polresta Mamuju menyelenggarakan Sosialisasi S"afety Riding, Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini",  di SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (14 Februari 2023).


Pada kesempatan itu, Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud kemitraan, kerja sama atau koordinasi yang dibangun bersama antara SMKN 1 Tapalang Barat dengan Kanit Kamsel Sat Lantas Polresta Mamuju, Ipda Karina Rara Ayu bersama rekan,  Bribda Nadila Isnayni Ibrahim (Basat Lantas), dan Bribda M. Irmal Winardhi (Basat Lantas).


Disebutkan, bahwa kolaborasi ini, salah satu tujuannya adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan memahami sejak dini; Safety Riding, Etika Berlalu Lintas R2 (Motor) dan R4 (Mobil), Markas Jalan dan Kondisi Darurat, serta Cara Mengatasi Situasi Darurat di Jalan Raya.

Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd bersama Ipda Karina Rara Ayu dan Bribda Nadila Isnayni Ibrahim

Ipda Karina Rara Ayu, dalam paparannya menjelaskan ada 3 Siap sebelum berkendara di Jalan Raya; 1) Siap Diri yakni a. Siap fisik, artinya sehat, tidak terpengaruh alkohol maupun narkoba, dan tidak mengantuk serta memiliki kebugaran yang prima. b. Siap secara rohani, mensyaratkan stabil secara emosi, tidak dalam tekanan mental baik secara pribadi maupun beban pekerjaan. c. Menggunakan Helm SNI, Jaket, Sarung Tangan, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan. 


2) Siap Kendaraan Bermotor; a. Periksa dan pastikan komponen utama kendaraan dalam kondisi baik dan laik jalan, b. Periksa kondisi dan kecukupan pada komponen penunjang. c. Periksa kendaraan secara memutar badan kendaraan, cek lampu utama maupun lampu isyarat dan pastikan semua berfungsi. 


3) Siap Perlengkapan Berkendara; a. Periksa dan siapkan kelengkapan, mulai dari SIM, STNK, Dokumen lainnya seperti Buku Kir maupun surat jalan bagi yang disyaratkan. b. Biasakan Berdoa sebelum berangkat menggunakan kendaraan di jalan raya.


Kegiatan ini diikuti sekitar 100 orang peserta didik kelas X dari 4 Program Keahlian SMKN 1 Tapalang Barat. Mereka didampingi Koordinator Pembina OSIS, Jusran Yasin, S. Kom. Yang juga adalah Guru Andalan Praktik Multimedia atau Program Keahlian Desain Komunikasi Visual disingkat DKV. Hadir pula sejumlah guru dan seluruh Staf SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 

(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama