Pemkot Jaksel Targetkan Raih Adipura Kencana




JAKARTA- Kota Administrasi Jakarta Selatan, menargetkan mampu meraih Adipura Kencana. Untuk itu, pihak Pemkot Jaksel mengajak masyarakat berperan aktif menjaga lingkungan, minimal di lingkungan sekitar rumah.

Diakui Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan (Jaksel), Drs Wira Haryadi, saat ini yang berperan aktif menjaga lingkungan, masih didominasi aparat pemerintahan. Sedangkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif, belum terlihat.

Untuk bisa mewujudkan harapan Jaksel meraih Adipura Kencana, pihaknya berharap masyarakat berperan aktif menjaga kebersihan. Diakuinya, untuk bisa meraih Adipura Kencana, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya yaitu dalam tiga tahun berturut-turut, nilai yang diraih terus mengalami peningkatan. Tahun ini, angka yang diperoleh harus bisa menembus angkat 73 agar target meraih Adipura Kencana bisa tercapai. "Sejak dua tahun terakhir ini, penilaian yang diberikan kepada kami memang terus meningkat. Target kita untuk bisa meraih Adipura Kencana harus mendapat nilai 73," jelas Wira kepada wartawan,

Dijelaskannya, sekitar 80 persen penilaian Adipura berada pada kebersihan. Wira mengatakan, kelemahan yang dimilikinya berada di tempat umum. Seperti, pasar, stasiun, dan terminal. "Berdasarkan pantauan beberapa tempat umum, memang masih kurang. Tapi, kita terus mengingatkan kepada pengelola agar selalu menjaga kebersihan," jelasnya.

Di Jakarta Selatan sendiri terdapat 150 titik yang menjadi penilaian dengan 11 kriteria. Antara lain, perumahan, perkantoran, pertokoan, terminal, stasiun, jalan, sekolah, rumah sakit, kali, puskesmas dan tempat pembuangan akhir (TPA). "Karena penilaian lebih banyak pada kebersihan, maka diharapkan kepada masyarakat ikut berperan aktif menjaga kebersihan di tempat umum," harapnya.

Wira juga mengharapkan peran serta camat dan lurah mengajak warganya berpartisipasi membantu pemerintah kota, sehingga target yang diinginkan mendapatkan Adipura Kencana tercapai. "Jangan hanya ketika ada kegiatan saja lingkungan menjadi bersih. Tapi, harus terus dijaga demi kebaikan kita bersama," tegasnya. (Badar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama