Dr Fory Hadiri Rakernas Dekranas di Jakarta



JAKARTA (wartamerdeka.net) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Dr Fory Naway menghadiri  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas di Jakarta, Selasa (26/9/2017).


Rakernas yang diikuti seluruh ketua Dekrasnada Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia tahun 2017 itu mengambil tema “Membangun Sinergi Kebijakan dan Program Dekranas dalam mewujudkan Kriya yang berdaya saing.”

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Umum Dekranas yang juga istri Wakil Presiden, Hj Mufidah Jusuf Kalla tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kementerian Pertahanan lantai 16, Jakarta.

Ditemui usai pembukaan Rakernas, Fory yang juga istri Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo ini mengungkapkan  kegiatan tersebut merupakan salah satu ajang silaturahim bagi seluruh Ketua Dekranasda Provinsi serta Kabupaten/Kota.

Disamping itu, Rakernas ini untuk saling memberikan informasi cara meningkatkan dan membina usaha dan juga produk-produk dari pengrajin.

"Dekrasnada akan memainkan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan serta membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing," kata Dr Fory Naway. 

Bersamaan dengan Rakernas, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) juga menyelenggarakan pameran kerajinan bertajuk Kriya Nusa 2017. Gelaran ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, mulai 27 September hingga 1 Oktober.

Kriya Nusa memang merupakan ikon pameran kerajinan yang digelar oleh Dekranas. Para peserta pameran adalah Dekranasda, perajin binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peserta mandiri, dan perwakilan perajin negeri sahabat anggota World Craft Council.

Dekranas adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta juga peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

Sejak berdiri pada 3 Maret 1980, Dekranas menjadi elemen penggerak di industri kerajinan, serta telah menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing di seluruh wilayah nusantara.(ar/Ir) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama