Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Disosialisasikan Kepada Kades

 

MUARA ENIM (wartamerdeka.info) -
Pemkab Muara Enim kini terus menggalakkan pengelolaan sampah berbasis swadaya masyarakat dan desa.

Hal ini diharapkan akan mencegah sumber penyakit serta dapat menjadi nilai tambah.

"Persoalan sampah bukanlah tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi tanggung jawab masyarakat juga sangat diperlukan," ujar Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Muara Enim Amrullah D, SH di depan peserta sosialisasi pengelolaan sampah kepada sejumlah kepala desa di ruang Rapat Bappeda Muara Enim, Selasa (27/11/2018).


Diingatkannya, sesuai dengan Undang undang 18/2008 tentang sampah bahwa masyarakat mempunyai tanggung jawab terhadap sampahnya sendiri.

Dijelaskan Amrullah, untuk penanganan persoalan sampah harus dilakukan terobosan layaknya seperti yang sudah di lakukan di kecamatan Lawang Kidul dan Muara Enim yang sudah melakukan terobosan penanganan sampah yang melibatkan masyarakat.

"Melalui sosialisasi ini  kita minta agar Dinas Lingkungan Hidup bersama kecamatan dan desa agar dapat membuat kesepakatan guna menanggulangi persoalan sampah dengan membuat kelembagaan yang diatur dalam badan usaha milik desa atau BUMDes," katanya.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan  Desa  Risman Effendi mengatakan, pihaknya mensupport Dinas Lingkungan Hidup yang akan melakukan kerjasama dengan Desa sehingga dalam prakteknya terdapat hubungan yang sinergis dari pengelolaan sampah.

Selanjutnya sosialisasi pengelolaan sampah disampaikan oleh Handono salah satu pelaku usaha sampah yang sudah berhasil.

Handono ini sudah memiliki berbagai usaha persampahan di Kota Prabumulih Pali dan beberapa kota lain. (Agus V)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama