12 Pasar dan 2 Pertokoan Kota Bekasi Lakukan Swab Test Untuk Pedagang Dan Pembeli


BEKASI (wartamerdeka.info) - Pada pekan lalu, Wali Kota Bekasi menugaskan tim medis dan analis dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid (RSCAM) untuk menyebarkan di 8 titik Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan menyebar hampir 900 alat swab, dan didapatkan 10 Positif dari hasil tersebut.

Upaya Pemerintah Kota Bekasi masih berlanjut terkait pencegahan penanganan Virus Covid 19 di Kota Bekasi. Pada pekan ini, Wali Kota Bekasi menugaskan tim medis dan analis untuk bergerak ke pasar pasar dan 2 pertokoan yang ada di Kota Bekasi.

Sejumlah 12 pasar di tiap Kecamatan diberikan masing masing 50 alat swab test untuk memeriksa para pedagang dan pembelinya yang diambil secara acak.

Pasar yang di bagikan tersebut, di antaranya ;

1. Pasar Baru Bekasi, Kecamatan Bekasi Timur.

2. Pasar Teluk Buyung, Kecamatan Bekasi Utara

3. Pasar Kranji Baru, Kecamatan Bekasi Barat.

4. Pasar Jatiasih, Kecamatan Jatiasih

5. Pasar Kranggan, Kecamatan Jatisampurna

6. Pasar Pondok Gede, Kecamatan Pondok Gede

7. Pasar Inkopau, Kecamatan Pondok Melati.

8. Pasar Family, Kecamatan Medan Satria.

9. Pasar Bintara, Kecamatan Bekasi Barat

10. Pasar Harapan Jaya, Kecamatan Medan Satria.

11. Pasar Wisma Asri, Kecamatan Bekasi Utara.

12. Pasar Atrium Pondok Gede.


Pertokoan di Kota Bekasi, diantaranya ;

1. Pertokoan Bekasi Junction

2. Pertokoan Kranji


Pada pagi ini, Wali Kota Bekasi memonitoring Pasar Baru Bekasi, berlanjut ke Pasar Bantargebang, Pasar Jatiasih, Pasar Atrium Pondok Gede dan Pasar Kranggan.

Awalnya, sistem Swab Test ini dilakukan oleh para petugas kesehatan dan bantuan dari Puskesmas setempat dengan membuka lapak bagi yang ingin di tes swab.

Kedatangan Wali Kota Bekasi justru mengubah sistem tersebut yang diinstruksikan untuk jemput langsung, seperti dicontohkan anggota satpol pp ataupun petugas pasar membawa 2 kursi lipat dan di dampingi oleh 2 petugas dari tenaga kesehatan yang dibagi tugas, 1 untuk mendata, 1 lagi untuk melakukan swab test.

Di 5 pasar yang dihadiri oleh Wali Kota Bekasi, sangat disayangkan para warga ataupun pedagang masih banyak yang belum tahu untuk bahaya dari wabah ini, dengan tidak memakai masker atau masih berdempetan di area pasar tanpa ingat adanya PSBB.

Wali Kota mengaku agak sulit menerapkan PSBB di Pasar Pasar, karena melakukan Physical Distancing-nya agak sulit tetapi mereka kita sosialisasikan memakai masker, untuk Dinas Pasar menyediakan masker tersebut, entah pembeli ataupun pedagang diberikan

"Sering kita sampaikan, wabah ini tidak mengenal strata, umur dan lainnya, semua juga ikut sosialisasikan bahaya ini, kesadaran dari warga lah kunci utamanya juga" papar Rahmat Effendi.

Hal ini, agar kita mengetahui dampak pasar yang tiap hari tidak ada hentinya bertransaksi dalam kerumunan orang. Dengan sistem acak, bagi yang mau lakukan PCR test terutama untuk pedagang.

Semoga dengan adanya sistem ini, bisa terlihat penyebarannya dan semoga hasilnya tidak ada yang positif. Untuk warga, peran kita benar benar yang terpenting untuk perangi Covid 19 ini. (Tyo/Hms)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama