Terima Pengurus Maserati Club Indonesia, Bamsoet Dukung Kegiatan Bantuan Hukum Gratis


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mendukung langkah pengurus Maserati Club Indonesia yang dalam kegiatannya tak hanya fokus pada bidang otomotif. Melainkan juga turut terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dengan memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat melalui Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI).

"Langkah tersebut merupakan terobosan dari sebuah komunitas otomotif. Anggota Maserati yang berasal dari beragam profesi, memaksimalkan potensi mereka untuk membantu masyarakat. Dimulai dari yang berprofesi sebagai advokat memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat. Kedepan, anggota dengan berbagai profesi juga bisa dimaksimalkan dalam berbagai cara. Langkah ini juga patut dicontoh komunitas otomotif lainnya," ujar Bamsoet usai bertemu pengurus Maserati Club Indonesia sekaligus pengurus Himpunan Advokat Muda Indonesia, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Para pengurus Maserati Club Indonesia sekaligus pengurus Himpunan Advokat Muda Indonesia yang hadir antara lain Sunan Kalijaga, Sonny, Agus Nahak, Erik, dan Sukardi.

Ketua DPR RI ke-20 ini mendorong agar Himpunan Advokat Muda Indonesia membuat aplikasi yang bisa diunduh di berbagai handphone. Sehingga memudahkan masyarakat kurang mampu yang membutuhkan bantuan hukum. Tinggal sekali klik, masyarakat bisa tersambung dengan para pengacara yang bergabung di Himpunan Advokat Muda Indonesia.

"Memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat (pro bono) merupakan salah satu wujud pengabdian advokat dalam menjalankan profesinya sebagai salah satu pilar penegak supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia. Apalagi kondisi di masyarakat masih banyak yang kesulitan mendapatkan bantuan hukum lantaran keterbatasan materi," ungkap Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memaparkan data dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta yang mencatat rata-rata setiap tahunnya ada 1.400 pengaduan berbagai persoalan hukum. Terbesar di sektor perburuhan atau ketenagakerjaan, keluarga, utang piutang, maupun pidana umum.

"Di daerah juga banyak ditemui persoalan sengketa tanah yang seringkali dihadapi masyarakat dengan pelaku usaha swasta. Bahkan tak jarang juga ditemui kriminalisasi yang dilakukan korporasi terhadap masyarakat. Kehadiran anggota Maserati Club Indonesia melalui Himpunan Advokat Muda Indonesia akan membawa harapan besar bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan hukum," pungkas Bamsoet. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama