Kaltim Steril, Danrem 091/ASN Tegaskan Penertiban Protokol Covid-19 Sampai Tingkat RT

SAMARINDA (wartamerdeka.info) - Sejumlah personel tim Satgas  Percepatan Penanganan Covid 19 dari TNI POLRI, BPD Kaltim, Satpol PP, Pemkot, Dinkes Kota Samarinda,  Relawan melaksanakan apel gabungan upaya operasi  Kaltim Steril sesuai instruksi dan imbauan Gubernur nomor 1 tahun 2021, Kaltim bersemedi atau Kaltim Steril, dengan inspektur upacara  Danrem 091/ASN, Sabtu (6/2/2021)

Acara ini dihadiri Kapolresta Samarinda Kombespol Arif Budiman, Asisten I Pemkot Samarinda Teko Sutarnoto , BPBD Kaltim, Forkopimda Samarinda hingga relawan di halaman Mapolresta Jalan Selamet Riyadi  Kota Samarinda Kalimantan Timur.

Danrem 091 /ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro S.I.P, M.S.i  mengucapkan terima kasih kepada personel TNI - POLRI dan semua instasi yang telah hadir dalam apel pasukan hari ini, dimana kegiatan ini akan dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah Provinsi Katim.

“Kegiatan sterilisasi di akhir pekan menidaklanjuti instruksi Presiden RI dan imbauan Gubenur Kaltim  guna menekan dan merendahkan angka persebaran  virus Covid 19. Penyemprotan disinfektan, pembagian masker, dilakukan tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, kemudian  dilakukan pembagian masker   sosialisasi dan edukasi meningkatkan disiplin ke saudara  kita demi  bisa menurunkan angka penyebaran di seluruh Kaltim," ungkap Danrem.

“Atas arahan dari Gubernur Kaltim tentang penegakan disiplin dan Kaltim Streril dari Covid-19, mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memberikan dampak dalam memerangi penyebaran Covid-19," ujarnya.

“Kita hari ini melakukan sterilisasi di 5 titik yakni, di Big Mall, Terminal Sungai Kunjang, Pasar Kemuning, Sungai Kunjang, Pasar Pagi, Pasar Segiri Samarinda,"tegas Danrem.

Danrem juga menaruh perhatian pada penanganan covid-19 di tingkat pemukiman warga. "Pada tingkat pemukiman warga secara mengkerucut akan ada satgas sampai tingkat RT, RW, Desa dilakukan. Ada TNI Polri ,BPBD Kaltim,  relawan kemudian Basarnas melipatkan sekitar 300 personel,"jelasnya.

Danrem juga berpesan, “Lakukanlah kegiatan tersebut secara humanis dengan berperilaku yang sopan dan tegas agar dapat menyentuh hati masyarakat. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif menurunya angka penularan Covid-19 di wilayah Samarinda dan Prov. Kaltim pada umumnya."

Sementara Kapolresta Samarinda Kombespol Arif Budiman mengutarakan kegiatan sterilisasi guna menertibkan protokol kesehatan dan  juga sesuai intruksi Presiden dan Kapolri untuk melakukan operasi yustisi penertiban protokol kesehatan 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPD Kaltim, Yudha Pranoto mengutarakan Kaltim 4  besar nasional angka persebaran covid-19 mencapai 900 jiwa positif corona di bawah Jakarta Jawa Barat dan Jawa Tengah sejak beberapa hari lalu.

Kaltim angka persebaran covid-nya  dibawah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah. Sementara Jawa Timur yang penduduknya 30 juta di bawah Kaltim posisi persebaran covid-19 yang mencapai 900 angka positif covid-19.

Oleh karenanya Gubernur mengeluarkan instruksi  Kaltim Steril. Jadi mohon tokoh masyarakat, tokoh agama ikut membantu sehingga program kita ini berhasil dengan baik. 

"Mengenai keluhan aktifitas pedagang dan sebagainya kita harus berani ambil resikonya. Kalau tak mengambil resiko ya  covid-19 melonjak rumah sakit penuh yang menanggung rugi kita sendiri. Intinya  Gubernur hanya ingin mengerem persebaran covid-19. Kita lihat nanti bagaimana perkembanganya kalau nanti selama dua hari kaltim steril perkembanganya bagus ya semua aktifitas berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan,"imbaunya.

Sementara aktiftas di rumah saja selama akhir pekan harus dilakukan dirumah saja jadi alternatif utama upaya percepatan penanganan covid-19. "Ya kita  Harus tegas saja nanti dari pada kita semua terpapar mendingan tegas saja,"tutup Yudha Pranoto.

Sedangkan sejumlah personel gabungan tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau protokol kesehatan melalui pengeras suara,  menyemprot disinfektan area Big Mall, Kawasan Terminal Sungai Kunjang Jalan Untung Surapati, termasuk armada bus, hingga menyemprot disinfektan di Pasar Kemuning Sungai Kunjang, serta membagikan masker.

Sumber: Penrem 091/ASN

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama