Bupati Nelson Dan Wabup Hendra Laksanakan Tradisi Tumbilotohe Secara Sederhana

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo bersama Wakil Bupati Hendra Hemeto bersama jajaran pemerintah Kabupaten Gorontalo melaksanakan tradisi malam Tumbilotohe secara sederhana ditandai dengan pemasangan lampu minyak di halaman depan rumah dinas Bupati Gorontalo, Sabtu, (08/5/2021).

Tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu merupakan kebiasaan dan budaya masyarakat Gorontalo yang dilakukan pada tiga atau empat hari mengiringi setiap akhir Ramadan.

“Meski dilakukan sederhana, tradisi Tumbilotohe atau pasang lampu di Kabupaten Gorontalo tetap dilaksanakan. Meski berada di tengah pandemi COVID-19, kegiatan tumbilotohe  tetap dilakukan,“ ujar Bupati Nelson. 

Dengan kesederhanaan dan terbatas,paling utama harap Nelson,semangat yang menggelora bagaimana menikmati bulan suci Ramadhan. 

 "Ini rasa kesyukuran kita terhadap Allah SWT, bisa melaksanakan Ramadhan," ungkap Nelson. 

Kata Nelson, tumbilotohe ini menjelang mengakhiri bulan ramadhan sekaligus menyambut Lailatulqadar. 

"Nah,Semangat itu yang harus kita lakukan sehingga bukan tumbilotohe yang utama tapi bagaimana tetap melaksanakan bulan suci ramadhan serta Amaliah -amaliahnya dilakukan khyusuk dan ketat termasuk juga jangan melupakan zakat fitra," beber Nelson. 

Sementara itu, dalam pelaksanaan malam pasang lampu sekarang ini tidak dilombakan lagi dan tidak semarak karena di masa pandemi.

Itulah inisiasi dan keikhlasan dari seluruh masyarakat dan itu yang perlu dihargai. Karena itu, di Kabupaten Gorontalo diberikan kesempatan tapi jangan dilombakan.

Lanjut Nelson, hikmahnya adalah semangat mengakhiri bulan Ramadhan dengan berbagai amaliahnya termasuk menyambut Lailatulqadar. 

"Kalau bicara Lailatulqadar, insya Allah kita mendapat kemenangan di dalamnya dan akhir Ramadhan adalah idul Fitri, mudah -mudahan kita kembali ke Fitrah dan suci," Harap Nelson. 

Pesan Bupati Nelson, silakan saja melaksanakan sesuai keihklasan masyarakat.

"Jangan evoria, tidak ada festival, kita nikmati saja di rumah,kita lebih pada amaliah Ramadhan," Imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Hendra Hemeto menyampaikan, ini adalah momen menjelang akhir Ramadhan yang sangat dinanti dan ditunggu oleh masyarakat. 

"Di samping kita menanti Lailatulqadar tapi juga didalamnya silaturahim dengan semua orang ditumbuhkan,", Ungkap Wabup Hendra.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama