Musrembang RPJMD Barru, Bupati Suardi Saleh Paparkan Konsep SMART

BARRU (wartamerdeka.info) - Perencanaan SMART Goals yaitu specific, measurable, achievable, relevant, dan time bound, menjadi paparan yang dijelaskan secara singkat, terstruktur dan ilmiah oleh Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si pada gelaran Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Barru Tahun 2016-2021.

Musrenbang yang menghadirkan Legislator DPR RI drg. Hj. Hasnah Syam MARS, Pihak Pemprov Sulsel dan disaksikan oleh Undangan Pemda Kabupaten/Kota tetangga seperti Soppeng, Pangkep, Maros dan Wakil Pemdkot Parepare, termasuk dihadiri oleh semua perwakilan stakeholder pembangunan daerah termasuk akademisi, insan pers dan aktivis LSM, dilaksanakan di Lantai VI Menara Kantor Bupati Barru, Kamis (20/5/2021).

"Dengan kehadiran kita semua, guna memberikan masukan, ide dan gagasan yang bersesuaian dengan Visi dan Misi yang kami ajukan pada saat kampanye Pemilukada pada beberapa waktu yang lalu, saya yakin dan optimis bahwa apa yang dicita-citakan untuk membangun Barru yang maju dan sejahtera bisa kita wujudkan," Ucap Bupati Suardi Saleh sembari mengumumkan Visi pembangunan daerah 2021-2026 yakni “Kabupaten Barru Yang Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan, dan Bernafaskan Keagamaan”.

Visi ini merupakan cita cita dan mimpi besar yang diharapkan menjadi guidens atau petunjuk arah yang kemudian dijabarkan ke dalam 10 (sepuluh) janji politik yang pernah ia sampaikan saat dibersamai Wakil Bupati Barru Kompol Purnawirawan Aska Mappe SH, berkampanye di masa Pemilukada serentak 2020, lalu.

"Aktualisasi dan tuliskanlah dengan baik ide dan gagasan tersebut, dan kerjakanlah apa yang anda tuliskan, Saya dan kita semua meyakini bahwa, kalau kita kerjakan apa yang telah kita tuliskan, maka cita-cita besar yang telah disepakati tersebut dengan mudah dapat diwujudkan," demikian Bupati Barru menginstruksikan jajarannya memastikan visi, misi dan janji politik yang tertuang dapat teraktualisasikan dengan baik pada Rencana Strategis OPD, Camat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan RPJM Desa se Kabupaten Barru.

Berikut kesepuluh Janji Politik dimaksud, 

1.Penuntasan Reformasi Birokrasi/Pemerintahan Melayani;

2. Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas;

3. Modernisasi Pertanian;

4. Infrastruktur Fisik dan Ekonomi berbasis wilayah;

5. Pembangunan Kawasan Industri Halal serta BLK;

6. Bantuan Modal Kerja bagi UMKM;

7. Pembangunan Sektor Pariwisata berbasis masyarakat;

8. Optimalisasi peran pemuda dan Olahraga;

9. Aktualisasi nilai seni Budaya;

10. Pembangunan dan Optimalisasi Rumah Tahdfiz di Setiap Kecamatan.

Bupati Barru dengan detil menjabarkan item per item Janpolnya yang telah disingkronkan dengan regulasi dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemprov Sulsel, serta memberikan arahan maksud dan tujuan termasuk instruksi strategis.

"Akhirnya, dengan Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musyawarah Perencanaan RPJMD Kabupaten Barru Tahun 2021-2026 saya nyatakan dibuka secara resmi Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan serta mendapat Ridho dari Allah SWT," tutup Kepala Daerah yang menakhodai Kabupaten yang dikenal dengan spirit pembangunan bernafas keagamaan ini.

Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sulsel, Drs. Muhammad Firdha, M.Si yang hadir dan memberikan arahan, mengapresiasi RPJMD Kabupaten Barru dan berharap agar segera ditetapkan dengan Paraturan Daerah agar mempunyai kekuatan hukum.

"Ini nantinya wajib dipedomani oleh seluruh pemangku kepentingan dalam merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan pembangunan 5 (lima) tahun kedepan," sebut Muhammad Firdha menghimbau segenap institusi di Daerah termasuk dunia usaha, lembaga sosial kemasyarakatan dan segenap lapisan masyarakat untuk memberi dukungan sepenuhnya hingga pelaksanaan program dan pencapaian sasaran yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Barru.

Acara ini juga dibersamai Wakil Bupati Barru Kompol Purnawirawan Aska Mappe, SH, Ketua DPRD Barru Lukman T, Sekda Dr. Abustan M.Si, Unsur Forkopimda Barru, Pejabat Perangkat Daerah termasuk Plt. Kepala Bappeda Umar, S.KM, M.Kes selaku Leading Sektor, dan jajaran Pejabat perangkat daerah termasuk Camat dan Kades. (Hms/Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama