Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Pengusaha Mikro Di Banten Mendapat Energi Baru Dari Para Pakar ICMI

SERANG (wartamerdeka.info) - Para pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang selalu menghadapi masalah, mendapat perhatian para pakar yang bernaung di Ikatan Cendekiawan Muslim Se Indonesia (ICMI).

Seperti di Provinsi Banten, ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Banten menggelar seminar khusus UMKM pada Sabtu, 5 Juni 2021, di Cibiuk Resto Kelapa Dua, Kota Serang.

Seminar yang bertema Penguatan Sektor UMKM Sebagai Tulang Punggung Perekonomian Banten di Era Pandemi Covid-19, ini di hadiri sekira 50 pelaku usaha mikro kecil se Provinsi Banten.

"Seminar ini tidak sampai di sini saja. Tapi juga ada komunikasi dalam kontek pembinaan yang terus berlanjut agar UMKM di Banten dapat berkembang," kata Ketua Orwil Banten, Prof. Dr. Lili Romli, M.Si., saat membuka acara seminar.

Dalam kesempatan itu, Lili Romli menyatakan, ICMI Orwil Banten akan terus berupaya membina para pengusaha kecil agar usahanya dapat berkembang, baik melalui keilmuan, maupun kekuatan jaringan ICMI di Provinsi Banten.

Banyak para pakar, lanjut Lili Romli, yang tergabung di ICMI, kontribusinya diharapkan dapat memberi solusi (jalan keluar) agar masalah yang dihadapi pengusaha mikro kecil bisa terurai dan teratasi.

"Melihat kenyataan di lapangan, masalah UMKM sangat klasik, yaitu permodalan, pemasaran, kualitas barang atau jasa dan sumber daya manusia. Nah, selain para ilmuan di ICMI juga ada Pak Imam yang pelaku UMKM," ujar Lili Romli, yang berharap masalah klasik dapat terurai dengan digelarnya seminar.

Maka, ujar Lili Romli, diharapkan para narasumber dapat memberi solusi baik dalam permodalan dan masalah lain yang dihadapi para pengusaha mikro kecil.



"Semoga masalah yang dihadapi para pengusaha kecil, walaupun pemerintah sudah berupaya sampai menaikan anggaran, tetapi masih saja muncul masalah. Nah, seminar ini diharapkan dapat memberi solusi masalah yang klasik itu," kata Lili Romli.

Seminar yang mengetengahkan narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM, Bank Banten, Bank Indonesia Perwakilan Banten, dan akademisi dari Universitas Terbuka, merupakan pelaksanaan dari Silaturahmi Kerja Wilayah (Silakwil) Orwil Banten tahun 2021, di Kabupaten Tangerang, Maret 2021 lalu.



Sementara itu H. Achmad Rifai, Ketua Panitia Seminar, menyampaikan seminar yang di hadiri 50 pelaku usaha mikro kecil akan terus berlanjut menjadi komunitas UMKM ICMI Banten.

"Nantinya kita berkolaborasi dengan pihak Perguruan Tinggi, Bank Banten, Bank Indonesia,dan dinas-dinas yang terkait soal UMKM," kata Achmad Rifai 

Semoga, lanjut Achmad Rifai, perekonomian umat melalui UMKM dapat berkembang dan naik kelas. Dirinya mengakui terbukti UMKM "tahan banting" (dapat bertahan menghadapi masalah) dan dapat mengurai masalah pengangguran.

Seminar menampilkan penyerahan produk UMKM berupa keripik singkong dan pisang serta sambal dari pengusaha mikro kecil kepada Ketua ICMI Orwil Banten, Prof. Dr. Lili Romli, S.Mi. (Muslih/JM)

Posting Komentar untuk "Pengusaha Mikro Di Banten Mendapat Energi Baru Dari Para Pakar ICMI"