Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Setelah Ruas Jalan Takkalasi-Lawo, Segera Dikerjakan Parigi-Bungoro

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh mengapresiasi komitmen Plt. Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjadikan prioritas pembukaan sekat isolasi didaerah. Sejumlah daerah yang selama ini terisolir karena akses jalan dari dan kedaerah itu tidak ada. 

Hal itu disampaikan Bupati Barru saat mendampingi Plt. Gubernur Suksel,  Andi Sudirman Sulaeman, ST  pada peresmian proyrk jalan Ruas Takkalasi Baenange Barru ke Lawo Kabupaten Soppeng di kampung Panasa Desa Kamiri Kecamatan Balusu Kabupaten Barru, Kamis (19/8/2021).

"Alhamdulullah,  tahun 2021 ini Pak Gubernur kembali meuncurkan anggaran pembiayaan sekitar 26 Milyar untuk pembukaan ruas jalan Parigi - Bungoro,  jalur yang nantinya, akan menghubungkan Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep," urai Bupati. 

Dijelaskan, ruas jalan  Parigi-Bungoro terdapat jalan sepanjang yang masuk wilayah Barru sekira 9 KM. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 26 Milyar dapat diselesaikan sekitar 4.5 KM, sehingga masih diharapkan adanya kucuran dana sebesar Rp. 28 Milyar untuk menyelesaikan 5 KM yang masih tersisa. 

Sementara Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman apa yang kita saksikan dan resmikan saat ini adalah wujud kokohnya Persatuan orang-orang Barru. 

Dia mengaku lebih dulu mengenal Berru (Barru, red) dibanding Makassar. Orang Barru terkenal baik-baik, bahkan dia mengaku punya kedekatan dengan orang Barru. Disamping keluarga besarnya banyak, juga salah satu saudaranya lahir dan bersekolah disini. 

"Saya kenal Barru sejak masih kecil dan Barru punya hubungan emosial dengan keluarga saya. Bapak saya pernah tugas disini, bahkan saudara saya ada yang lahir dan bersekolah disini. Jadi wajarlah kalau perhatian untuk Barru ada lebih sedikit dibanding daerah lain", ujar Sudirman setengah bercanda. 

Dia menjelaskan, dirinya merespon harapan pembukaan ruas jalan Parigi -Bungoro  karena jalur ini nantinya akan mempermudah transportasi dan distribusi barang ke Pelabuhan Garongkong Barru yang saat ini tengah dibangun dermaga termasuk dermaga untuk barang. 

"Disamping jalus Kereta Api akan terintegrasi ke Palabuhan Garongkong. Pengangkutan Semen dari Tonasa Pangkep. Barang lain termasuk hasil Bumi dari daerah tetangga bisa melewati jalur ini",  jelas A. Sudirman yang juga adalah adik kandung mantan Mentan Andi Amran Sulaeman.  (syam)

Posting Komentar untuk "Setelah Ruas Jalan Takkalasi-Lawo, Segera Dikerjakan Parigi-Bungoro"