Tanamkan Nilai Nasionalisme, Satlantas Polresta Cirebon Kibarkan Merah Putih Di Jalan Raya Saat Detik-Detik Proklamasi

CIREBON (wartamerdeka.info) – Jajaran Satlantas Polresta Cirebon mengibarkan bendera merah putih di jalan raya saat detik-detik proklamasi, Selasa (17/8/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI.

Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M. Alan Haikel, S.K.M, S.I.K, M.I.K, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanaan bersamaan dengan Upacara Peringatan ke-76 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Presiden RI.

Menurutnya, kegiatan kali ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat memperingati Hari Kemerdekaan RI. Pasalnya, sebagian masyarakat tidak dapat melaksanakannya karena harus beraktivitas.

“Sehingga kami mengajak masyarakat pengguna jalan memperingati momen kemerdekaan ini. Kami ajak mereka berhenti sejenak dan memberikan penghormatan kepada bendera merah putih,” kata Kompol M. Alan Haikel, S.K.M, S.I.K, M.I.K.

Ia mengatakan, kegiatan itu bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam membela NKRI.

Dalam kegiatan yang berlangsung di perempatan Pasar Sumber tersebut, para polwan Satlantas Polresta Cirebon berdiri di tiap lampu merah sambil mengibarkan bendera merah putih. Selain itu, bendera merah putih juga dikibarkan polwan bersama pelajar, santri dan mahasiswa di tengah-tengah jalan raya.

Sejumlah petugas meminta para pengendara berhenti sejenak dan mematikan mesin kendaraannya. Selanjutnya mereka diminta turun dan berdiri di samping kendaraannya masing-masing.

Alan mengambil alih komando dan memimpin penghormatan kepada bendera merah putih. Seluruh petugas dan pengguna jalan pun langsung melakukan penghormatan sambil diiringi lagu Indonesia Raya.

Bahkan, sejumlah warga sekitar yang kebetulan melintas juga turut berhenti dan melakukan sikap hormat. Tak hanya itu, para tukang becak, tukang ojek, juru parkir, dan lainnya juga turut berpartisipasi. Mereka seolah tidak mau ketinggalan dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga selesai. Semoga ini bisa menginspirasi pihak lain sehingga semangat kemerdekaan dirasakan seluruh elemen masyarakat,” ujar Kompol M. Alan Haikel, S.K.M, S.I.K, M.I.K. (Zip/Hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama