Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Sangat Tepat Pemkab Purwakarta Gandeng Karang Taruna Tangani Dampak Pandemi

 

Oleh : Asep Gunawan (Ketua PAC PDIP Kec. Purwakarta Kota)

Sudah dua tahun berlangsung Pandemi Covid - 19.  Hal ini menimbulkan dampak pelemahan hampir di semua sektor 

Oleh karena itu, dalam mitigasi bencana non alam yang dilakukan pemerintah harus dibarengi dengan peran serta seluruh lapisan masyarakat, semua steak holder termasuk unsur Karang Taruna di berbagai tingkatan 

Sangatlah tepat Bupati Purwakarta Hj.Anne Ratna Mustika mendelegasikan penyerahan bantuan masker dan vitamin serta Bansos lainnya dari Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk warga yang terdampak pandemi di Purwakarta kepada Karang Taruna

Seperti yang terjadi pada Jum'at (3/9/2021) di Balai Janaka Bupati Purwakarta Secara simbolis, menyerahkan bantuan dari kementerian Sosial kepada jajaran Pengurus Karang Taruna Kabupaten Purwakarta yang selanjutnya akan didistribusikan ke tingkat kecamatan hingga desa sampai ke tingkat RW dan RT

Hal ini tentunya akan mendorong peran aktif Karang Taruna disemua tingkatan untuk mengawal berbagai bantuan sosial yang telah didistribusikan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten, Karang Taruna harus hadir mendampingi warga ber koordinasi dengan para pihak terkait dan pastikan berbagai bantuan tersebut tepat sasaran.

Pesan Bupati Anne kepada pengurus Karang Taruna jelas dan tegas, ribuan paket masker dan vitamin serta Bansos lainnya harus tersebar keseluruh kecamatan yang ada di wilayah Kab.Purwakarta secara proporsional, Karang Taruna bisa berkoodinasi dengan gugus tugas setempat agar bantuan tersebut bisa terdistribusikan dengan baik dan tepat sasaran.

Bupati Anne juga berjanji, dari sisi anggaran kegiatan Karang Taruna, Bupati akan mendorong penambahan anggaran untuk Karang Taruna di desa-desa dari DBHP yang ada di DPMD.

Menjawab tugas dari Pemerintah, Ketua Karang Taruna Kabupaten Purwakarta, Jhon Kamal mengatakan, Karang Taruna sebelumnya bersama Dinas Sosial sudah mendata para penerima bantuan dan akan memastikan bahwa warga tersebut yang berhak serta benar benar sangat membutuhkan akibat terdampak pandemi ini, Bantuan nantinya akan diberikan secara door to door langsung ke rumah warga yang telah terdata.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas support yang diberikan oleh jajaran Pemkab Purwakarta dalam hal ini Bupati Anne yang telah mendorong peran serta Karang Taruna dalam penanganan dampak pandemi ini," kata Jhon Kamal.

Di sisi lain Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Purwakarta, Asep Surya Komara menegaskan, dalam penyaluran bantuan tersebut, Dinas Sosial akan bekerja sama dengan gugus tugas serta Karang Taruna di setiap kecamatan dan Desa.

"Agar bantuan tepat sasaran dan penerimanya Warga yang betul-betul membutuhkan, terutama warga di Desa-desa yang sedang isolasi mandiri," tutur Asep Surya Komara.

Mudah mudahan Pandemi Covid - 19 ini segera berlalu agar tatanan kehidupan Masyarakat segera pulih kembali, dengan gotong royong dan mengedepankan Rasa Kemanusian kita bisa bebas dari Pandemi ini, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. (A.Budiman)  

Posting Komentar untuk "Sangat Tepat Pemkab Purwakarta Gandeng Karang Taruna Tangani Dampak Pandemi"