Catatan Pendek Anniversary 15 Tahun wartamerdeka.info

Oleh : W. Masykar

(Redaktur wartamerdeka.info)

Tepat 16 November 2021, wartamerdeka.info  berusia 15 Tahun. Usia sudah akhil baligh tapi belum dewasa, meski juga tidak lagi anak anak. 15 Tahun usia remaja. Usia mencari jati diri menata ambisi memantapkan posisi. Setidaknya, itulah yang bisa dianalogkan dengan posisi media online wartamerdeka.info. Selama perjalanannya, mulai lahir sampai menjelang remaja akhir ini, banyak onak dan duri yang selalu mengiringinya. Sejumlah cemoohan sampai penilaian minor sebagai media abal abal senantiasa hadir setiap saat. 

Tapi, alhamdulillah berkat kesabaran, ketekunan dan usaha yang terus menerus, kini wartamerdeka.info telah benar benar menjadi media berita yang telah di percaya masyarakat pembacanya. Berikut resume perjalanan media online wartamerdeka.info.

Bukan Sulapan juga bukan dopping jika wartamerdeka.info saat ini, sudah menjadi salah satu media online yang mulai mendapat tempat di masyarakat.

Kepercayaan masyarakat pembaca bukan saja, pada sajian beritanya yang enak dibaca, tapi juga selalu up to date dan aktual. Aktual, up to date dan objektif menjadi ciri khas wartamerdeka.info sebagai media yang tetap menjaga marwah nilai nilai jurnalistik dengan sajian informasi yang selalu berimbang dan tidak tendensius.

Berbeda dengan saat merintis 15 tahun lalu. Adalah Aris Kuncoro, mantan wartawan harian Merdeka, pada 2006, merintis lahirnya media online. Meski kerap mendapat cibiran, tapi ketekunan dan kesabarannya pastilah akan berbuah. Saat itu, masih format blog. 

Namanya, wartamerdeka.blogspot.com. Media online yang masih berformat blog selalu dianggap minor dan asal asalan. Bahkan kerap dicaci sebagai media yang asal asalan. Itu sebabnya, pada 2007, dari format blog ditingkatkan ke platform media online. Yang berbasis hosting dan template menjadi wartamerdeka.com. Perubahan  dan pengembangan format ini menjadikan posisi wartamerdeka.com berkembang cukup pesat hingga merambah di banyak daerah. Sayangnya, wartamerdeka.com sempat mengalami hack sehingga berubah menjadi wartamerdeka.id. 

Perjalanan belumlah mulus. wartamerdeka.id kena hack lagi sampai 2014 berubah menjadi wartamerdeka.info sehingga pada 16 Nopember 2021, usia wartamerdeka.info genap 15 tahun. 

Itu sebabnya, pada awal kemunculan media ini selalu dipandang sebelah mata. Kondisi ini tidak membuat kami bernyali kecil. Upaya terus kami lakukan  dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas berita. wartamerdeka.info mengalami perkembangan cukup signifikan dan semakin dekat dengan masyarakat pembacanya. Kini jumlah total viewers atau pemirsa (pembaca) mengalami peningkatan cukup menggembirakan. Setidaknya, sejak rekap dilakukan mulai tahun 2012, sudah mencapai 3.528.474 (per 17 Nopember 2021).

Sebagai media berita dengan sajian informasi yang akurat dan aktual, wartamerdeka.info semakin dipercaya sebagai media publikasi yang objektif dan independen. 

Kini, di usianya yang genap 15 Tahun wartamerdeka.info akan menggelar sejumlah kegiatan dengan tajuk Anniversary 15 Tahun Wartamerdeka.info, gelaran kegiatan tersebut tidak terpusat pada satu tempat tapi di sejumlah daerah juga akan di helat kegiatan serupa. (**)

1 komentar untuk "Catatan Pendek Anniversary 15 Tahun wartamerdeka.info"